Nguap, mulut gak bisa nutup (dislokasi kondil)


Teman2 pernah lihat ada orang yg setelah nguap/tertawa lebar mulutnya kagak nutup lagi?Aye sering banget dapet kasus kek gitu.

Oke begini ceritanya… Pasien, Bapak2 usia 48 th dateng ke puskesmas diantar 1 rt. Beneran 1 rt lho yaaa. Perwakilannya bilang bapak ini gak bisa nutup mulut sejak semalam setelah selesai takziah org meninggal. Pak rt tu bilang bapak ini seperti ini setelah lewat suatu daerah yg angker.

Kemungkinan kesambet setan lewat. Horor amat nih ceritanya. Yha gue sih langsung aja ngeliat rongga mulutnya untuk periksa. Di dalam rongga mulutnya terlihat bapak ini sudah kehilangan seluruh gigi geraham belakangnya.

Kemudian saya meraba condyl / Temporo mandibular joint-nya. Atauuuu engsel antara rahang atas dan bawahNah ternyata setelah grepe2 ke condyl pasien (((GREPE GREPE), terasa bahwa engselnya dislokasi dan ngunci dgn rahang atasnya (dislokasi: keseleo; biar agak ilmiah, biar keliatan pinter ūüėÖ)

Setelah itu gue melakukan tatalaksana reposisi rahang tsb supaya kembali ke tempatnya & menginstruksikan agar pasien tidak membuka mulut lebar2 lagi.

Nah Pak RT yg nganterin takjub krn rupanya itu bapak sudah dibawa ke “alternatif” krn disangka kesambet cetan. Setelah selesai reposisi saatnya gue cuap2.

Dislokasi Condyl/TMJ bisa terjadi pada siapa saja TERUTAMA orang2 yg sudah kehilangan semua gigi gerahamnya atau semua giginya.

Logikanya saat seseorang kehilangan gigi gerahamnya maka saat ia akan mengunyah makanan memakai gigi depannya sehingga rahang akan maju. Dalam waktu yg lama maka posisi rahang bawah akan tetap ke depan sehingga saat menguap lebar2 condyl akan kepleset keluar dari tempatnya dan terkunci.

Solusinya? Setelah reposisi, pasien dianjurkan membuat gigi palsu supaya fungsi mengunyah kembali lagi. Dilakukan terapi atau bedah oleh spesialis bedah mulut untuk mengoreksi otot dan condyl.

Beli buku saya yhaaaa

Iklan

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di bedah mulut, gigi, gigi palsu, Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s