GIGI TIRUAN / GIGI PALSU


Pasien ,”Dok, gigi saya kan ompong nih. Saya jadi susah makan. Bikinin saya gigi palsu, dong! Kalo bisa yang “gigi tanam” jadi gak perlu di lepas lagi. Ribet kalo dilepas-lepas”

Drg, “hmmm oke, bu nanti saya buatkan barang palsu yang ibu inginkan. Tetapi sebagai bahan pertimbangan ibu dalam memilih gigi palsu, saya akan menjelaskan dullu tentang ke-bhineka-an yang sekaligus tunggal ika-nya gigi palsu. Supaya ibu mantap mau memilihnya.

Gigi tiruan atau gigi palsu terbagi dalam banyak ragamnya tergantung dari jumlah dan gigi mana yang hilang.

Pola pikir selama ini di masyarakat tentang gigi palsu adalah gigi yang bisa dibongkar pasang alias menyikat gigi bisa sambil bersiul. Perkembangan ilmu pengetahuan tentang kedokteran gigi terus berkembang sehingga ragam gigi palsu pun semakin mirip dengan aslinya.

Baiklah kita mulai dulu dengan pembagian gigi palsu dengan diagram berikut:

Gigi tiruan sebagian lepasan untuk orang yang sebagian giginya sudah hilang. Dalam gambar menggunakan dasar dengan cor logam. Keunggulannya sangat tipis sehingga masa adaptasi pemakaian relatif singkat berbeda dengan memakai akrilik.

Gigi tiruan lengkap untuk orang yang seluruh giginya sudah hilang

Gigi tiruan permanen cekat. Dalam gambar adalah mahkota dan jembatan. Mengasah gigi depan dan belakangnya untuk dibuatkan pegangan bagi gigi palsunya. Keuntungannya tidak perlu dilepas pasang dan tidak memakai plat sehingga nyaman bagi pasien.

Gigi tiruan implan atau tanam. GT ini sedang tren karena tingkat kenyamanannya seperti gigi asli. Dengan bahan titanium dimasukkan ke dalam tulang gigi. Tingkat pengerjaannya yang rumit sebanding dengan harga dan kenyamanan bagi pasien.

Semua jenis gigi tiruan berfungsi untuk mengembalikan proses fungsional rongga mulut seperti makan, berbicara dan estetika. Ragam gigi tiruan membuat banyak pilihan bagi pasien sesuai kemampuan keuangannya.

Kalau gigi tanam yang berkembang di masyarakat awam, bukanlah seperti implan melainkan gigi palsu lepasan yang ditempelkan ke gigi sebelahnya. GT jenis ini berbahaya karena menyebabkan bau mulut dan kerusakan gusi sehingga timbul jamur dan gigi penyangga yang rusak akibat sisa makanan yang nyelip tetapi tidak bisa dibersihkan.

Nah dengan sekilas tentang gigi tiruan semoga tulisan ini jadi pertimbangan untuk teman-teman dalam memilih gigi palsu.

Iklan

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di gigi, gigi palsu, periodontia, tren gigi, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke GIGI TIRUAN / GIGI PALSU

  1. Menghitung hebel berkata:

    Yang paling bagus dan awet yang mana pak?

    Suka

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s