Abrasi Gigi



Waduuuhhhh udah lewat tahun baru sempet buat tulisan baru. Maap pemirsah…

Oke kali ini saya akan kasih bacaan sederhana yg sering dilakukan hampir semua orang

Abrasi : terkikisnya gigi akibat menyikat gigi horizontal & kuat. 

Karang gigi : masuk merusak tulang & gusi 

Menurut sebagian besar pasien selalu mengatakan bahwa mrnyikat gigi kalo gak kuat, gak horizontal, ndase ndak gedeg-gedeg (menggoyangkan kepala kiri kanan dgn kuat) berarti ndak bersih.
Padahal yg dilakukan itu kurang tepat (baca: salah).

Sy slalu menerangkan dgn logika sederhana. Pohon jika digergaji vertikal bakal tumbang ndak? Ndak toh, pohon akan tumbang jika digergaji horizontal. begitu pula dgn gigi.

Makanya nyikat gigi yg pas itu yha secara vertikal bukan horizontal. Lha emaangnya mau ngegergaji gigi opo.

Bahasa mudahnya.

Sikat gigi searah tumbuhnya gigi. 

Atas: dari atas ke bawah. Bawah: dari bawah ke atas atau… dari merah ke putih. Dari arah gusi ke gigi.Ndak perlu lama-lama dan terlalu kuat cukup dgn durasi 2 menitan. 

Pasta giginya juga gak perlu sepanjang jalan kenangan dengan mantan (laaahhhh bawa2 mantan) cukup sebesar biji jagung bagi dewasa dan sebesar biji kacang ijo bagi anak.

Demikian sekilat blog. Smoga bermanfaat.

Iklan

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di endodontik, GIGI, kebiasaan buruk, lansia, penyakit rongga mulut, periodontia, tambalan dan tag , , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s