Bius / Anastesi di kedokteran gigi


👧dok , cabut gigi sakit gak? Pasti sakit kan? Jangan sampai sakit ya dok! Aduhhhh, saya takut dengan jarumnya dokter? 😆😆😆

Pertanyaan bertubi2 seperti senapan mesin model begini sering ku temui pada pasien yg giginya hancur lebur, sering sakit tapi pengen dicabut cumaaaa doi takut.

Biasanya saya akan balik bertanya.

👷nah… mbak maunya cabut gigi pake sakit apa ngga?

👧kok gitu nanyanya dok? Ya cabut gigi gak pake sakit lah dok

👷oke supaya cabut gigi gak sakit ya harus dibius dulu

Pasien takut dengan jarum suntik, entah karena trauma masa kecil maupun ditakuti oleh lingkungan sekitar. Yang kaya begini itu terpendam dalam masuk ke alam bawah sadar.

Anastesi alias bius merupan tindakan yg harus dilakukan sebelum pencabutan gigi untuk menghambat syaraf mengirim pesan ke otak tentang rasa sakit.

Eeehhh tetiba ini pasien bertanya lagi

👧ehhh mas dok. Kok beda ya. Dulu waktu gigi bawah sy dicabut, kebasnya (baal) dari bibir kanan sampai pipi. Kenapa sekarang yg gigi atas gak gitu ya?

👷gini mbak…

Bius dalam kedokteran gigi ada 2 macam yg sering dipakai oleh drg. 

Pertama, anastesi Blok yg disuntik ke ujung rahang bawah sehingga kebas sampai gigi depan tapi cuma sebelah yaaa

Kedua, anastesi infiltrasi yg sering digunakan untuk gigi depan dan atas. Biusnya  hanya di sekeliling gigi yg mau dicabit, jadi hanya gigi iti yg kebas.

👧:)oooo gitu ya dok?

👷ya iyaaaa lahhhh. Nah sudah selesai cabut giginya. Sesuai permintaan, cabut gigi gak pake sakit

Salim sungkem 😆

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di bedah mulut, GIGI, gigi anak, gigi palsu, karies, kebiasaan buruk, komunikasi, tambalan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s