Anggapan salah tentang GIGI PALSU


image

Salah satu barang palsu yg legal adalah gigi palsu

Kali ini saya akan menulis tentang anggapan yang salah di masyarakat tentang gigi palsu lepasan atau gigi tiruan sebagian lepasan.

Sebagian masyarakat kita menganggap bahwa membuat gigi palsu bukanlah kewenangan dari dokter gigi sehingga jika masyarakat ingin membuat gigi palsu akan mendatangi selain dokter gigi.

Masyarakat menganggap bahwa gigi palsu lepasan itu adalah gigi tanam atau gigi palsu permanen. Padahal gigi palsu sebagian lepasan bukan gigi permanen karena yang memasang gigi palsu bukan dokter gigi maka gigi palsu di tempelkan ke gigi tetap yang ada di dalam mulut.

Dan ini berbahaya!!!

Kenapa???

1. Pemasangan gigi palsu yang ditempel ke gigi tetangganya akan merusak gigi tetap yang menjadi pegangannya karena gigi asli tertutup gigi palsu sehingga tidak dapat dibersihkan

2. Gigi palsu yang tidak dilepas lepas dari rongga mulut berhari-hari, 60 detik semenit, 60 menit sejam, 24 jam sehari , 7 hari seminggu, 30 hari sebulan, 12 bulan setahun total 365 hari, akan merusak jaringan lunak rongga mulut seperti langit-langit dan gusi. Pemakaian yang terus-menerus tanpa bisa dilepas akan membuat jaringan gusi dan langit-langit menjadi meradang akibat penumpukan makanan yang berakumulasi dengan kuman sehingga mengakibatkan jamur atau yang disebut dengan candidiasis.

Hal ini menyebabkan rasa terbakar di seluruh rongga mulut dan bau mulut yang luar biasa menyeramkan.

Efek jangka panjangnya adalah gigi asli berlubang kemudian kandidiasis atau jamur pada jaringan lunak dan akhirnya gigi asli itu dicabut sehingga merugilah orang yang membuat gigi palsu pada selain dokter gigi.

😆 drg. nyeleneh😉

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di abses, GIGI, penyakit rongga mulut, periodontia dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Anggapan salah tentang GIGI PALSU

  1. @_menikdp berkata:

    Apa itu juga dok yang menyebabkan mitos “kalau gigi dicabut 1, kemudian pake gigi palsu, pasti nanti gigi-gigi sebrlahnya jadi ikutan minta dicabut” ?:mrgreen:

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s