PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)


image

Siapa sih yg ngga familiar dengan slogan PHBS?
Siapa sih orang yang ngga tahu tentang PHBS?

Saya yakin setiap kita minimum pernah mendengar tentang Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tapi seberapa banyak yang melaksanakannya?

PHBS sudah ada jauuuuhhhh saat sebelum depkes berubah nama jadi kemenkes. Program ini kalau dijalankan sangat efektif dan efisien untuk mencegah atau meminimumkan penyakit baik menular maupun tidak menular, menurunkan angka kesakitan serta memantau tumbuh kembang balita.

PHBS sendiri terbagi menjadi
1. PHBS RT : di rumah tangga
2. PHBS di sekolah
3. PHBS di tempat kerja

Fokus utama tulisan ini pada rumah tangga.
Alasannya adalah rumah tangga tempat pertama untuk merubah perilaku untuk hidup bersih dan sehat.

Indikatornya ada 10 yg dibagi menjadi 3 kelompok
I.  Kesehatan Ibu dan Anak
1. Ibu bersalin di tenaga kesehatan
2. Bayi mendapatkan asi eksklusih 0-6bulan
3. Bayi ditimbang di posyandu

II. Perilaku & gaya hidup yg sehat
4. Cuci tangan pakai sabun
5. Aktifitas fisik setiap hari selama 30menit
6. Makan buah dan sayur
7. Tidak merokok

III. Kesehatan Lingkungan
8. Menggunakan jamban sehat
9. Menggunakan air bersih
10. Memberantas jentik nyamuk

Di kelompok I lebih berkutat di areanya posyandu. Persalinan oleh tenaga kesehatan meminimumkan komplikasi saat kelahiran bayi. Sedangkan pemberian asi eksklusif merupakan hak asasi bayi yg mempunyai efek kekebalan tubuh bagi bayi, nutrisi yg lengkap dan menjarangkan kehamilan/ kb alami. Perkembangan bayi & balita pun terpantau di posyandu dgn menimbangnya secara rutin sehingga jika ada gizi buruk bisa terdeteksi dini.

Kelompok II merupakan perilaku & gaya hidup. Cuci tangan pakai sabun kapanpun dan dimanapun mencegah penyakit diare, flu dan penyakit menular lainnya. Dengan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari menjaga metabolisme dan kondisi tubuh tetap bugar serta mencegah penyakit tidak menular seperti darah tinggi, diabetes dll. Makan sayur dan buah membantu organ pencernaan dan usus besar sehingga kebutuhan serat terpenuhi.

Tidak merokok bagi pecandu memang berat tetapi paling tidak para pecandu rokok tidak merokok di dalam rumah, di fasilitas kesehatan dan sekolah.
Untuk di Kabupaten Pelalawan sendiri sudah tercantum dalam Perbub KTR no 64 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok di fasilitas kesehatan dan institusi pendidikan. Khusus institusi pendidikan (sekolah) ditegaskan dalam Permendikbud no 64 tahun 2015.

Ayo dehhh keren kok tanpa rokokšŸ™‚

Kelompok III jamban sehat itu penting agar limbahnya manusia ngga mengganggu lingkungan karena berpotensi penyebaran penyakit. Apalagi jika limbah manusia ini sampai mengenai sumber air bersih yang digunakan untuk makan dan minum.

image

Memberantas jentik nyamuk dengan 3M plus merupakan tindakan efektif untuk mencegah demam berdarah yang merajalela setiap musim pancaroba.

10 indikator phbs ini jika disadari dan diamalkan akan memberikan dampak yg luar biasa dalam kesehatan. Perilaku, pola pikir harus diubah. Mengubahnya dengan mengingatkan terus menerus…

Saya mengutip kata-kata Bupati Pelalawan

Sesuatu kesalahan jika diulang terus menerus akan dianggap sebagai sesuatu yg benar dan kebenaran jika tak pernah diulang akan dianggap sesuatu keanehan

Maka mari kita biasakan perilaku hidup bersih dan sehat secara benar di keluarga dan lingkungan kita

Salam sehatšŸ™‚

😆 drg. nyelenehšŸ˜‰

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s