Kemampuan dokter gigi menangani pasien


Kemampuan seorang dokter gigi untuk menangani pasiennya berkisar antara 5 sampai 10 pasien paling top perhari selama 4-5 jam. Lebih dari itu sangat memaksakan diri yang berakibat hasilnya tidak maksimal.

Berdasarkan dari pengalaman pribadi saya sebagai praktisi dokter gigi 7 pasien perhari itu lelahnya luar biasa. Kenapa? Karena pekerjaan dokter gigi mempunyai nilai seni di dalamnya terutama saat penambalan gigi.

Saat penambalan gigi menuntut ketelitian penuh dan posisi mengerjakan yang ergonomis. Tanpa posisi ergonomis maka dokter gigi akan mudah lelah terutama bagian pinggang dan tengkuk leher.

Kelelahan juga terjadi pada saat pencabutan gigi. Posisi sulit terjadi saat pencabutan gigi belakang selain juga menguras tenaga.

Pengerjaan yang lama dalam kedokteran gigi sangatlah wajar karena repotnya penanganan dan kehati-hatian dalam tindakan.

Repotnya dalam praktik sehari hari pasien tidak sabar dalam menunggu. Untuk mensiasati hal ini saya menggunakan cara dokter gigi keluarga. Artinya pasien akan saya jadwalkan kapan memeriksakan diri mereka dan keluarganya. No telepon dicatat atau dgn layanan pesan instan (bbm, wa line dll) untuk memudahkan pengaturan jadwal layanan sehingga tidak menumpuk pasien dalam sehari.

Awalnya susah mengubah pola pikir untuk cek rutin gigi dari berobat gigi saat sakit. Namun perlahan tapi pasti bisa dilakukan dgn memberikan sugesti pada pasien. Arah pengobatan gigi dari kuratif menjadi preventif.

Pada akhirnya saat saya mengerjakan pasien untuk kuratif dilakukan dengan santai dan maksimal. Saya tidak capek, hasil maksimal dan pasien puas. Masalah harga jelas 😆😆😆

Salam sehat

😆 drg. nyelenehšŸ˜‰

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di K3, komunikasi, promosi kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s