Kecelakaan Lalu Lintas saat Mudik 2015


Saya terganggu sekali denga twit saudara @ifahmi  yang berbunyi : Kompas hari ini, halaman 2, korban kecelakaan selama musim mudik tahun ini 639 orang, tahun kemarin 656.

image

Dari twit beliau pagi ini sungguh membuat hati miris. Mudik yang seharusnya menyenangkan memerdekakan rasa rindu setahun tak berjumpa sanak kerabat dan handai taulan malah menjadi petaka…

Entah itu tahun lalu entah kini masih kisaran 600 an orang yang jadi korban. Eforia ingin bertemu keluarga di kampung halaman dengan keselamatan saat berkendara berbanding terbalik.

Faktor kelelahan akibat macet, ngantuk, kelebihan muatan, dan kendaraan yg tak sehat menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Ngantuk karena kelelahan ngantri macet yang kemudian tiba-tiba jalan lancar paling sering terjadi kecelakaan. Padahal obat ngatuk ya turu alias bobo unyu. Tak perlu dipaksakan.

Saya sewaktu mudik tahun lalu dari Riau – Jakarta – sampai negeri Bekasi selalu menerapkan perencanaan yang matang sebelum mudik. Kiatnya dengan memeriksakan kesehatan mobil 1-2 minggu sebelum berangkat. Diri saya sebagai sopir tunggal pun dipersiapkan dgn baik seperti tidur yg cukup.

Sebelum berangkat agar tak terburu2, saya mengambil cuti tahunan. Berangkat selesai subuh (5 pagi) istirahat per 3 jam selama 15 menit. Melakukan olahraga ringan setiap kali istirahat dan tidur setiap 9jam.

Air putih selalu saya sediakan dibanding minuman manis. Selalu saya ingat nasihat almarhum ayah bahwa nyupir dan ngantuk adalah kombinasi kematian.

Yah… semoga untuk mudik tahun depan bagi yg membawa kendaraan pribadi agar lebih waspada dan mempersiapkan diri dgn maksimal. Memang taldir di tangan Tuhan. Tapi mempersiapkan dgn matang itu usaha manusia.

Jangan sampai hari dimana seharusnya tertawa penuh canda dan rindu berubah jadi tangis penyesalan…

Sekian.
Riau, 26 Juli 2015

😆 drg. nyeleneh😉

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s