Trauma Oklusi


Isi tulisan kali ini saya sajikan untuk pembaca dalam bentuk dialog semoga lebih mudah memahami permasalahannya. Selamat menikmati

Disclaimer:
Drg : dokter gigi
P     : pasien

Alkisah disuatu senja…

P: dokterrrr saya mau ngadu nih. Gigi saya bulan lalu ditambal karena berlubang. Kok sekarang rahang saya yg sakit ya? Ditambah dgn gigi ngilu dan ada rasa pegal. Itu kenapa ya dok?

Drg: ………….. mbak coba saya periksa dulu

Setelah melakukan pemeriksaan klinis…

Drg: oke gini mbak. Setelah saya lihat gigi mbak baik baik saja. Tambalannya pun bagus ndak retak cuma….. tambalannya berlebih alias ketinggian .
Nah tambalan yg ketinggian itu membuat dia beradu duluan dgn gigi atasnya. Kejadian ini berlangsung terus menerus terutama dalam proses mengunyah. Lazim disebut sebagai trauma oklusi
Artinya trauma pada saat buka tutup mulut/ ngunyah.
Efeknya ya rasa ngilu pada gigi yg tambalannya berlebih itu. Karena sudah lebih dari sebulan akhirnya otot2 di sekitar tmj (sendi rahang) menegang dan menjadi pegal atau sakit.

P: lah terus aku kudu piye tho dok? Ndak enak lho kayak gini. Tersiksa aku dok…

Drg: santai bu mari kita asah tambalan yg berlebih itu supaya mengikuti kontur/bentuk gigi agar tidak menimbulkan trama oklusi.

P: makasih ya dok… dokter ganteng deh…😍😛

Heheheheh demikian sekelumit tentang trauma oklusi. Selamat menikmatiiii. Terima kasih

😆 drg. nyeleneh😉

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, periodontia, tambalan dan tag , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

