AADGSP (Ada Apa Dengan Gigi Saat Puasa)


image

Puasa bentaran lagi nih bagi sahabat yang muslim tentu akan mempersiapkan fisik dan mental menghadapi puasa.

Secara universal di setiap agama juga ada puasanya kan? Nah tulisan drg. Nyeleneh kali ini akan membahas ttg kemungkinan apa aja yg terjadi saat seorang manusia berpuasa dan yang terjadi pada gigi dan mulut.

Oya judulnya sih pengen kaya judul pelem AADC jadi sedikit maksa yah 😆

Saat seseorang berpuasa selama + 14 jam ngga makan minum maka kondisi mulut akan kering. Knapa bisa kering? Tubuh manusia tuh yunik lho. Jadi saat gak ada yg dikunyah dan diminum maka kelenjar ludah produksinya juga dikit plus kentel jadi mulut agak kering.

Lahhhh kalo mulut kering maka akan…. tercipta bau mulut sementara sampai selesai berbuka bisa dilihat di bau mulut . Selain itu gigi yang gag di scaling atau banyak karang giginya juga bikin bau mulut dan gusi berdarah
Bisa dibaca di periodontitis

selain bau mulut, berbuka puasa biasanya diawali yang manis manis kayak saya…..😮 just kidding. Seperti kolak, kurma, teh manis sari tebu dan kawan kawan kerabatnya yang lain. Rata rata sih makanan berbuka puasa itu manis dan lengket.

Kenapa butuh yang manis? Karena gula dalam darah berkurang saat puasa sehingga perlu yang manis untuk tenaga.

Perlu jadi perhatian jika ada gigi berlubang yang sudah kena syaraf giginya, makanan manis itu akan merangsang sehingga menimbulkan rasa sakittttt giigiiii yang dahsyat bisa baca di sakit gigi apalagi tinggal sisa akar gigi. Sudahlah sakit gigi, bau mulut lagi. Komplit deh. Sisa akar gigi dibuang yah masa barang busuk disimpen simpen sih ihhhhh jorooooqqq 😱

Gimana cara menanggulanginya?

1. Kunjungi dokter gigi kesayangan
     anda sebelum puasa

2. Saat puasa jangan lupa konsumsi
     sayuran dan buah buahan. Oiye
     kelupaan, minum air putih biar
     kagak dehidrasi

3. Sikat gigi 1jam setelah berbuka dan 
     setelah makan sahur. Cara yang
     benar menyikat gigi bisa dibaca di
     Sikat gigi

4. Kurangi bahkan berhentilah merokok.
     Selain bikin bau mulut juga mulut
     akan lebih kering di siang hari.

5. Saat berbuka puasa jangan makan
     yg lengket lengket ya. Abis buka
     puasa segera berkumur biar bersih
     dari sisa makanan yg manis2.

Demikian tips saya untuk sahabat semua. Simple kan? Intinya adalah pencegahan supaya puasanya nyaman ibadah khusyu. Selamat berpuasa mohon maaf jika tulisan nyeleneh banyak melukai hati teman sekalian.👄buruan ke dokter gigi yah masih ada 15 hari lagi sebelum puasa 💜

Salam sehat

😆 drg. nyeleneh😉

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, hikmah, karies, kebiasaan buruk, lansia, penyakit rongga mulut, periodontia, promosi kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s