Ngapain kudu buat gigi palsu sih?


Drg: Pak nanti kalau gigi bapak yang saya saya cabut ini lukanya sudah sembuh 2 minggu sampai 1 bulan”, saranku pada pasien yang giginya baru kucabut.

P: alaaaahhh tak perlu lah dok pakai gigi palsu. Toh gigi saya yang lain masih banyak .

Drg: kan kalau pakai gigi palsu bapak makannya bisa enak pak. Bisa kiri kanan gantian. Oper kanan dan oper kiri.

P: ahh ribet dok mesti buka pasang, udah kaya mobil tamiya anak saya aja. Emangnya wajib gitu dok abis cabut gigi bikin gigi palsu?

Drg: gini pak saya jelasin. Jika gigi belakang hilang, hal ini mengakibatkan fungsi pengunyahan menjadi terganggu terutama bila banyak gigi yang hilang. Sehingga bapak hanya makan di satu sisi rahang saja. Nanti lama kelamaan bisa bunyi klik pada rahang . Kalau sudah sering klik pada rahang maka saat bapak nguap bisa terbuka terus mulut bapak.

P: duh dok, mbok ya jangan nakut nakuti. Kalau nguap gak bisa tutup mulut nanti kemasukkan lalat.

Drg: wah saya gag nakutin bapak. Memang gitu pak. Selain itu perlahan-lahan gigi miring dan bergeser ke arah gusi yang ompong.

P: kok gigi bisa geser sih dok? Kan gag diapa apain tuh gigi

Drg:  gigi akan bergeser bila ngga berkontak dengan gigi sebelahnya. Ibarat tentara baris kudu rapi gag boleh kosong. Kalo kosong segera diisi kan? Nah akibatnya gigi sebelah menjadi miring dan renggang dari posisi awal mencari kontaknya atau mencari pasangan hidupnya ehhhh…. 😄 Hasilnya makanan akan lebih mudah terselip diantara gigi yg renggang lama kelamaan bila dibiarkan akan memicu timbulnya karies (lubang) baru dan radang gusi.

image

image

P: ohhh gitu dok. Baiklah saya ntar sebulan lagi bikin gigi palsu. Tapi… jangan gigi sapi ya dok…

Drg: 😥😥😥😥😥😤😤😤😤:o:o:o:o:o

Nah gitu men temen kenapa gigi yg udah dicabut kudu dibikinin gigi palsunya. Lagi pula kalo gigi depan dicabut senyumnya gag okeh… ntar cewek2 kagak mau deket:mrgreen: bagi yang punya bapak atau ibu giginya ompong tolonglah bantu beliau buat gigi palsu

Oke C U dalam tulisan blog lainnyaahhh

😆 drg. nyeleneh😉

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, karies, kebiasaan buruk, lansia, periodontia dan tag . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s