SAKIT GIGI (pulpitis akut)


image

“Dooooookkkkkk gigiku sakit doooooookkkkk. Ndenyut denyut gag karuan sebelah kiri sampai belakang telinga, kepala sampai punggung jadi ikut sakit tapi aku lihat di kaca kok gag ada yg lubang ya dokkkkkk….” seru pasienku seorang siswi sma yang baru saja mengadakan acara perpisahan sekolahnya.

Terkejut aku mendengar keluhannya. Kasian banget pasienku ini. Terus ku sambung dgn pertanyaan, “dik sakitnya sudah berapa lama? Trus adik ada minum obat? kalo mimi eh… minum obat nama obatnya apa???”

“Sakitnya dari tadi malam dok abis makan kacang di acara perpisahan. udah minum amoxilin dan yg ada bintang bintangnya itu dok, tapi sakitnya gag ilang ilang. Kata temen malah suruh kumur air aki.” Katanya

HAAAAHHHHHH AIR AKI???

tercenung aku denger penjelasannya yg vulgar tanpa sensor itu. Baiklah akhirnya setelah cukup anamnesa, ku mulai melakukan pemeriksaan klinis. Kuambil kaca mulut dan sonde untuk mencari dimana letak permasalahannya pada Molar 1 kanan bawahnya (geraham no 3 dari belakang yg tumbuh pada usia 6-7tahun). Dengan sabar kucari setiap sudut giginya.

NAHHH !!!

Akhirnya aku menemukan sumber masalahnya. Gigi pasien itu berlubang di interdental (antara gigi dgn gigi sebelahnya). Kemudian kulakukan excavasi manual dan bur untuk membuang jaringan busuk yg ada di dalam giginya.

Pasien agak meringis menahan rasa yg tak nyaman. Perlahan dgn sabar kubersihkan dan kubiarkan terbuka kena udara luar. Kemudian kutanya, “dik gimana masih sakit giginya???”.

“Dok, ajaib sakitnya berkurang 70%!!! Serunya dengan senyum yang mengembang.

Apa yg dialami pasien disebut pulpitis akut sebuah kondisi infeksi pada pulpa (jaringan syaraf & pembuluh darah) sehingga menimbulkan rasa sakit hebat

Seperti gambar di atas bahwa lubang di gigi bisa terjadi bukan hanya pada permukaan kunyah ttp bisa dari interdental. Sebenarnya tak susah untuk mendeteksi sendiri apakah gigi kita berlubang atau tidak. Yaitu kalau terasa ngilu saat minum dingin atau panas  segera cek ke drg

Lalu apa yang kulakukan? Aku fokus untuk menanggulangi infeksi dan rasa sakitnya dengan obat dan menganjurkan untuk berkumur dengan air garam hangat. Kemudian kuberi warning agar tidak membeli obat sembarangan terutama antibiotik.

Perawatan selanjutnya??? Cabut???

Ahhhh sayang kali lah dicabut. Aku menganjurkan untuk dilakukan perawatan saluran akar gigi atau endodontik.  Sehingga gigi itu bisa dipertahankan selama mungkin di dalam mulut.

Bagaimana ttg endodontik???. Silahkan cek di blog ini. Ubek ubek ajah.
Lalu bagaimana cara supaya gag bolong giginya di interdental? Heheheheheheheheh sikat gigi yg baik, benar, tepat, waktu maupun caranya. Kemudian membersihkan interdental dengan benang gigi atau dental floss.

Silahkan mulai cek deh giginya biar gag sakit. Masak sih kudu sakit dulu baru ke drg. Salam sehat untuk semua

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di abses, endodontik, GIGI, karies dan tag , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s