Gigi sehat, mulutnya??? (Rongga mulut jendela dunia)


Sering para pasien memeriksakan dirinya ke dokter gigi hanya masalah gigi saja. Entah dengan keluhan gigi sakit gigi kuning karang gigi gigi goyang gigi bernanah dan lain sebagainya.

Tapi sangat jarang ditemui seorang pasien yang bertanya tentang kesehatan rongga mulutnya selain gigi. Padahal dokter gigi itu sekolah 6 tahun bukan hanya gigi saja yang di pelajari melainkan juga kesehatan rongga mulut. Termasuk kelainan pada rongga mulut yang ada di lidah di langit langit, di pipi, di bibir bahkan juga sendi rahang atau yang sering disebut temporomandibular joint atau tmj.

Pasien atau orang awam lebih khawatir kalau giginya bermasalah dibandingkan rongga mulutnya yang bermasalah. Memang harus diakui bahwa gigi itu merupakan estetika yang paling utama senyum kelihatan gigi tertawa kelihatan gigi.

Perlu disadari bahwa kesehatan rongga mulut itu cerminan dari kesehatan diri secara utuh artinya manifestasi penyakit maupun kelainan secara sistemik bisa terlihat dari rongga mulut seseorang.

Kok bisa seperti itu?

Contoh sederhana seperti ini, seseorang yang memiliki penyakit sistemik seperti diabetes melitus atau kencing manis atau penyakit gula, memiliki gambaran klinis atau manifestasi oral sebagai berikut:

1. Aroma nafas pasien yang memiliki <a href="http:// diabetes melitus” itu seperti bau aseton. Acetone itu apa aseton itu adalah bau thinner penghilang kuteks kuku para perempuan. Selain bau bau aseton bila kadar gula dalam darah penderita tinggi maka gigi akan goyang bukan hanya satu gigi melainkan seluruh gigi di dalam mulut pasien.

2. hiv aids memiliki manifestasi dalam rongga mulut pada lidah apa manifestasinya? Bagian pinggir lidah atau tengah lidah terlihat seperti ada rambut berwarna hitam yang tumbuh. Bahasa kerennya hairy tongue.

3. Bahkan penyakit menular seksual atau pms seperti herpes simpleks tipe 1 ada manifestasinya di dalam rongga mulut biasanya seperti sariawan tetapi pada seluruh rongga mulut meliputi langit langit lidah pipi faring laring dan bibir. Hanya saja masyarakat awam mengangggap herpes simpleks tipe 1 itu adalah sariawan atau stomatitis aftosa.

Selain tiga hal tersebut diatas masih banyak manifestasi gambaran klinis dari penyakit di dalam rongga mulut, seperti kanker keganasan dan penyakit seperti tuberkolosis atau tbc

Setelah membaca postingan saya kali ini ada baiknya teman teman memeriksakan keadaan rongga mulut dan gigi nya ke dokter gigi bukan semata mata hanya permasalahan pergigian saja tanyakan kepada dokter gigi kesayangan anda tentang keadaan rongga mulut anda semoga berguna sekian dari saya wassalam

nyeleneh bukan suatu kesalahan tetapi tidak lazim

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, keganasan rongga mulut, penyakit rongga mulut. Tandai permalink.

2 Balasan ke Gigi sehat, mulutnya??? (Rongga mulut jendela dunia)

  1. blognya bagus, menarik, dan informatif dok..🙂 👍👍 sukses terus!

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s