Dok, gigi saya kok bolong kiri kanan? Ulatnya nyebrang ya?


image

Maaf ya antara judul dan gambar emang ngga nyambung 😆

Judul di atas merupakan salah satu pertanyaan pasien yang terbanyak. Kenapa dibilang terbanyak? Ya karena banyak yang nanya makanya jadi terbanyak😀

Sebenarnya hal ini terjadi bukan hanya pada anak anak saja tetapi pada semua umur. Kasus seperti ini bukan merupakan sesuatu yang aneh tapi merupakan adaptasi dari kebiasaan manusia. Kenapa merupakan sebuah adaptasi dari kebiasaan?

Manusia adalah merupakan makhluk yang mempunyai sifat adaptasi dari semua hal terhadap dirinya dan selain merupakan adaptasi hal ini juga merupakan proses dari evolusi. Waduh dok bahasanya kok evolusi dan adaptasi makin gag ngerti nih.

Oke dijelaskan satu persatu tentang adaptasi dan evolusi dari gigi yang bolong kiri dan kanan.

Di dunia ini ada hukum use and disuse. Artinya kurang lebih adalah hukum yang sering digunakan dan yang tak pernah digunakan. Contoh sederhananya begini seseorang yang biasa menggunakan tangan kanan, maka tangan kanannya lebih besar daripada tangan kirinya. Seorang pemain tenis lapangan tangan kanannya lebih panjang daripada tangan kirinya. Ukuran sepatu kita kaki kanan lebih besar dari kaki kiri. Coba dibandingkan dengan orang yang kidal bentuk tangan kirinya lebih besar daripada tangan kanannya.

Nah begitu pula dengan gigi yang bolong di sebelah kiri dan akhirnya bolong di sebelah kanan.

Saat gigi sakit berlubang tentu secara naluri kita tidak akan menggunakan gigi yang sakit tersebut untuk mengunyah (adaptasi), sehingga kita akan menggunakan gigi di sebelahnya yang tidak sakit untuk mengunyah. Karena pengunyahan hanya pada satu sisi mata gigi untuk mengunyah lama kelamaan juga akan rusak bolong abrasi sehingga menimbulkan rasa sakit.

Setelah gigi itu rusak kedua duanya sebelah kiri dan kanan maka orang akan cenderung mengunyah memakai gigi depan. Terlihat pada orang orang tua kita yang giginya ompong pada gigi gerahamnya. Orang tua kita tentu makan menggunakan gigi depan jika orang tua kita tidak memakai gigi palsu atau protesa. Sehingga orang tua kita yang bawah terutama akan maju ke depan seperti hidungnya pinokio yang mancung. Lama kelamaan temporomandibular joint atau yang bahasa awamnya dikenal sebagai engsel rahang bawah akan berubah untuk maju ke depan (evolusi). Hal ini akan ditandai dengan yang namanya clicking atau bunyi klik pada saat orang tua atau seseorang membuka rahangnya.

Lalu kira kira apa yang harus dilakukan supaya gigi itu tidak rusak kiri kanan?

Kaci tau gak yaaaaaaa🙂

Supaya gigi tidak rusak pencegahannya ya hanya menyikat gigi minimal 2 kali sehari pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Ditambah dengan memeriksakan gigi enam bulan sekali ke dokter gigi ingat ya bukan tukang gigi !!!

kalau sudah ada gigi yang rusak segera ditambal kalaupun harus dicabut , setelah kurang lebih 1 bulan harus dibuatkan gigi palsu sehingga fungsi pengunyahan tidak hanya pada satu sisi tetapi bergantian pada sisi kanan dan kiri.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat buat teman teman sekalian kalau ada pertanyaan silahkan bertanya. jangan lupa kalau sudah membaca kasihlah jempol atau komen biar semangat saya upload tulisan tulisan terbaru tentang pergigian.

Maaf ya baru bisa posting tulisan lagi setelah sekian lama vakum dalam dunia blog… salam gigi sehat
😆😆😆

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, gigi anak, karies, kebiasaan buruk, promosi kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Dok, gigi saya kok bolong kiri kanan? Ulatnya nyebrang ya?

  1. debby berkata:

    dokter, saya mau nanya.
    saya perempuan, 25 tahun. 4 gigi geraham saya berlubang parah. 2 geraham bawah (yang besar, nomor 2 dari belakang) kiri dan kanan, dan satu geraham atas harus dicabut. sementara, saya perawatan satu geraham atas yang lainnya.
    kira-kira, saya perlu pake gigi palsu ga ya? sebenernya klo utk estetika, saya merasa perlu pasang gigi palsu buat yang geraham atas, karena terlihat kosong kalo saya nyengir lebar.
    menurut dokter bagaimana?
    terimakasih..

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s