TREN GIGI KELINCI, ANTARA MODE, IKUT-IKUTAN, DAN RISIKONYA


HAHAHAHAHAHAHAHA

akhirnya sodara-sodara sebangsa dan setanah air. setelah dari maret terakhir posting, baru bisa posting lagi. mohon maaf lahir dan batin

baiklah pembaca yang setia membaca tulisan nyeleneh ini. kali ini saya ingin mengulas masalah tren yang sedang memuncak di media massa, sosial media (FB, Twitter dll). tulisan ini merupakan bentuk keprihatinan dan pendidikan pada masyarakat tentang GIGI KELINCI. opo meneh lah drg nyeleneh iki wqwqwqwq.

begini, artis yang tenar tentu terkadang menjadi tren senter (petromak aja sekalian). apapun yang ada di tubuh artis itu akan ditiru oleh sebagian masyarakat tanpa berpikir panjang. nah kebetulan ada beberapa artis yang gigi seri atasnya lebih panjang dari normal. kelihatan cantik di kamera, bukan karena artis itu mengubah giginya, tapi memang dari sono nya tu gigi sudah kayak gitu. nah gigi itu disebut gigi kelinci. masyarakat pada umumnya akan plek jiplek mencontoh si artis padahal kalau giginya dimodif bukannya jadi cantik malah jadi mirip kelinci beneran  –____–.

nah tahukah teman-teman gimana cara membuat gigi kelinci itu….

mau tau??? kasih tau gak yaaaaaa …. hehehehe.

metamorfosis

modifikasi pada gigi yang dikarenakan permintaan pasien harus dijelaskan juga efek jangka panjangnya. kenapa? karena dalam proses perusakan gigi sehat dengan pengambilan jaringan gigi yang sehat akan membuat gigi menjadi ngilu dan efek samping lainnya.

pada dasarnya hal itu adalah keinginan pasien. tetapi perlu dijelaskan dulu baik buruknya ke pasien. supaya tidak ada penyesalan pasien dan tuntutan hukum jika terjadi kerusakan gigi akibat pembuatan gigi kelinci tersebut. loh kenapa rusak dok kan malah jadi cantik? iya memang cantik menurut pasien tetapi tidak cantik menurut SANG PENCIPTA gigi. sudah bagus bagus dikasih Tuhan kok diubah.

pengambilan lapisan email gigi itu sedalam 1-2 mm. sehingga membuat gigi jadi tipis. Bahkan dentin juga terekspos. jika setelah pembuatan gigi kelinci dan dipakai dalam fungsi kunyah kemudian retak mikro maka kemungkinan besar sisa makanan bisa masuk sehingga dapat mengakibatkan gigi jadi berlubang, ngilu dan syarafnya mati. saraf giginya yaaa

normalnya manusia mempunyai gigi seperti gambar di atas pojok kiri atas. tidak seperti pojok kiri bawah. jika sesuatu yang normal diubah, maka akan mengganggu proses berbicara, kunyah dst. memang mungkin terlihat cantik tapi tidak proporsional.

“jadi ndak boleh dok dibikin giginya seperti itu. cantik kelihatannya lho dok. lagian yang punya uang kan saya bukan dokter”

ya memang yang punya uang adalah pasien, tetapi sebagai dokter wajib menerangkannya. kalau tetap ingin dilakukan harus menandatangani surat pernyataan informed concern. Tidak akan menuntut apapun setelah dijelaskan risikonya.

oke teman-teman. segitu aja bahasan kita kali ini. smoga berguna dan menjadi bahan perenungan bagi profesi dokter gigi untuk mengedukasi pasiennya, berguna pula untuk pasien yang ingin merubah giginya dengan segala risiko yang harus ditanggung.

kita sambung lagi lain waktu. dah malem. mohon maaf ya. mau puasa.

Riau, Jum’at 13-06-2014 jam 00.50 Wib

 

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, tren gigi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke TREN GIGI KELINCI, ANTARA MODE, IKUT-IKUTAN, DAN RISIKONYA

  1. rima berkata:

    Dokter gigi nya gaul euy!
    Salken ya !
    Zaman smp gigi saya malah bukan gigi kelinci lagi
    Tapi gigi vampir.
    dua taring saya gingsul.
    jadi numpuk dan keliatan banget sangarnya….hehehe

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s