ALASAN pasien DATANG ke dokter gigi


alasan pasien datang ke dokter gigi itu karena:

  1. Sedang sakit gigi hebat (biasanya langsung minta cabut)
  2. gigi keropos yang sering sakit (biasanya idem dgn no 1)
  3. Malu nafasnya bau (gigi berlobang pasien pengen kaya SDA)
  4. gusi sering berdarah (pasien bingung padahal sikat gigi tiap hari)
  5. Malu karena gigi depannya bolong atau ompong (gigi ada jendelanya)
  6. makannya tidak enak karena gigi ompong (minta bikinin gigi palsu)
  7. hanya ingin memeriksakan gigi rutin

dari ke 7 alasan tersebut poin no 1 sampai dengan 6 adalah tindakan kuratif yang memerlukan penanganan khusus dengan alat dan bahan yang khusus. lagian kalau sudah kuratif mengerjakannya tidak bisa buru-buru. harus dengan pemeriksaan yang teliti sehingga diagnosa bisa tegak yang akhirnya dilakukan perawatan dengan tepat .

tindakan perawatan gigi tersebut bukanlah pekerjaan yang gampang lho. bayangin aja, dokter gigi hanya ngurusin gigi dan rongga mulut saja memerlukan waktu untuk kuliah sekitar 5-6 tahun untuk mendapat gelar drg lhoooo🙂

poin no 7 amat sangat jarang pasien memakai alasan hanya ingin ngecek gigi. Selama saya praktek hanya berjumlah jari tangan dan kaki saya digabungkan. pertanyaan yang saya ajukan kenapa bapak/ibu mau memeriksakan kesehatan rongga mulut dan gigi ke dokter gigi padahal giginya tidak sakit? jawab pasien itu sungguh lucu…. karena mereka takut ke dokter gigi hahahahahahaha

ya, pasien yang beralasan no 7 itu karena takut ke dokter gigi dalam konotasi takut dengan bur dan suntik malah lebih rajin memeriksakan gigi dan mulutnya. mereka takut kerusakan giginya akan menghambat aktifitas dan kenyamanan makan dan minumnya.

di jaman era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pemeriksaan gigi bisa dilakukan di puskesmas maupun klinik yang bekerjasama dengan BPJS. kan enak tuh dengan hanya membayar preminya seseorang peserta mendapat jaminan kesehatan penuh. lalu kenapa tidak memeriksakan diri??? mencegah akan lebih nyaman lho.

semua penyakit itu berbahaya. tapi jika diketahui lebih dini tentu pengobatan yang dilakukan akan lebih mempunyai peluang lebih baik.

ingat sehat itu murah tapi sakit itu mahal. jadi jagalah kesehatan yaaaaa😀

 

 

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di abses, GIGI, gigi anak, karies, kebiasaan buruk, keganasan rongga mulut, kesehatan masyarakat, komunikasi, orto, penyakit rongga mulut, periodontia, TUMBUH GIGI dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke ALASAN pasien DATANG ke dokter gigi

  1. jyinspire berkata:

    kondisi gigi saya hampir mirip seperti yang ada di foto itu, Dok. masih bisakah diperbaiki? Kalau bisa perawatannya apa saja ya, Dok? Butuh berapa kali perawatan? Mahalkah biayanya? Kalau mahal akan saya upayakan, Dok.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s