selayang pandang tentang ortodonti (behel)


Skarang lagi marak orang pake behel (orto) biar disebut senyumnya orang kaya. Bahkan sampe rela pasang behel pada orang yg bukan ahlinya. Utk menekan harganya demi gaya2an semata.

pasien A

Bahkan ada yg maksa make behel cuma atas/bawah nya doang. Tanpa tau efek sampingnya. Pokoke gaul’sss Nah orto/behel itu ada elemen2nya, bracket (yg nempel di didi), wire (kawat), ama karetnya (ada tipe O & chain/rantai) dll. masih banyak yang laennya

Tiap2 alat itu ada fungsinya masing2. Dan sebelum pemasangan orto itu perlu diukur dan di rontgen lho. Gak maen sok pasang tempel.

Gaya tarik alat2 orto akan merubah posisi gigi, maju,mundur,berputar dll tergantung ruang yg tersedia.

Seandainya tidak diukur & dipasang oleh org yg tak berkompeten, gigi elo bakalan bisa berantakan. Belom lagi risiko gigi goyang. Sudah banyak korban dr pemasangan orto yg bukan oleh ahlinya demi mengejar gaya2 an gengsi2 an semata

Gag sembarangan lho pasang orto. Setau gue, orto baru dipasang kalau gigi lo udah bikin muka lo gak enak dipandang(mencacat muka) sehingga menjadi malu (beban sosial) dan mengganggu fungsi bicara.

Pasien yg pake orto itu orangnya kudu resik & telaten ngebersiin mulutnya. Krn ditempelin behel jadi agak ribet nyikatnya. kalo gag bersih ntar giginya bolong kena caries lho

Kalo temen2 punya duit banyak dan tetep mau masang sih terserah aja, asal ke pakarnya (drg)

Sbenernya orto/behel gak perlu kalau dari awal tumbuh gigi susu & saat ganti ke gigi tetap sesuai dg umurnya baca disini

Ditambah menghilangkan kebiasaan buruk : ngenyut jempol, bibir, ngedot botol susu, ama gak sikat gigi. o, ya 1 lagi mengesek2an gigi saat bobo. Kalo kebiasaan buruk hilang & periode ganti gigi susu ke tetap sesuai dgn waktunya biasanya gigi bakal rapi & gak rusak baca disini

Oiya, daripada tu gigi di “pager” in mendingan rumah aja yg dipagerin dulu😛

Sekian dan terima piscok

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, kebiasaan buruk, orto dan tag , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s