Pengobatan dibagi 2 : pengobatan & “PENGOBATAN”


Pengobatan utk org sakit & “pengobatan” utk org agar tidak sakit.

Selama ini yg mendapat perhatian dan dana yg sangat besar adalah pengobatan utk orang sakit. Kalau mau jujur, coba jumlahkan seluruh org sakit dari seluruh puskesmas, rsud, rs swasta sluruh RI. Pakai math biasa aja kok.

Jumlahnya hanya 20-30% dari org yg sehat. Tapi membutuhkan dana yg begitu besar. Bisa membuat negara ini miskin

phbs

Hal ini memang krn biaya pengobatan itu mahal, bkn hny biaya obat tapi peralatan medis yg mahal & alatnya impor. Lagian jumlah dokter terbatas dan hanya berkonsentrasi di kota-kota besar.

Maka alternatif utama utk pengobatan sebenarnya “PENGOBATAN” agar org ngga sakit. Alias menjaga manusia tetap sehat.

Bisa kita lihat di negara maju jarang ada penyakit berbasis lingkungan ex: dbd, tbc, kusta, bronchitis dll. Knapa? Krn preventif utama

“Pengobatan” utk org agar gak sakit memang perlu proses panjang dan terus menerus. Proses tahunan shg jadi budaya.

Setelah jadi budaya hidup sehat maka penyakit berbasis lingkungan akan menurun dgn sendirinya.Oleh itu ada yg namanya PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Artinya merubah perilaku. Perilaku itu kebiasaan. Dan itu budaya

Sesuatu yg salah akan jadi kebenaran jika diulang2 terus menerus. & kebenaran akan jadi aneh jika tak pernah diulang

Mari kita ulang terus menerus kebenaran hingga jadi kebiasaan dalam keluarga kita masing2, linkungan dan negara dalam skalan yg lebih besar

Utk kapasitas negara, ada baiknya dialokasikan dana utk preventif kesehatan bukan hanya terpaku pada pengobatan. Era JKN sdh tiba.

Jangan sampai org malas jaga kesehatan dg alasan… Ngapain phbs, toh kalo sakit berobat gratis kok…

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di kesehatan masyarakat, promosi kesehatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pengobatan dibagi 2 : pengobatan & “PENGOBATAN”

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s