MULUT jendela dunia


kebanyakan orang menganggap bahwa dokter gigi hanya berurusan dan ngurusi hanya seputar gigi saja bahkan kalau sakit gigi, gigi berlubang, cabut gigi itu kerjaan dokter gigi sedangkan untuk gigi palsu itu wewenang paten tukang gigi. hehehehehe…

padahal tugas seorang dokter gigi itu tidak hanya mengurusi masalah per gigi an saja. jauh lebih luas. maka program di Kementerian kesehatan pun dinamakan kesehatan gigi dan mulut artinya wilayah mulut termasuk lidah, gigi, gusi, langit2 (palatum) dll, dst, dsb itu wilayah kerjanya seorang dokter gigi.

seorang dokter gigi yang baik memerlukan waktu sekitar 5-10 menit untuk melihat kondisi seluruh daerah kerjanya. memperhatikan perubahan warna, tekstur dari jaringan lunak (lidah, gusi, langit2, pipi) untuk melihat apakah ada kelainan yang bersifat keganasan atau tidak.

MULUT MU HARIMAU MU

mungkin ungkapan ini terasa pas bagi ku sebagai dokter gigi. sudah berapa banyak pasien yang menderita HIV/AIDS ku temukan dalam praktek, baik di Puskesmas maupun klinik pribadi. padahal pasien itu belum pernah periksa darah. akhirnya ku rujuk pasien tersebut ke klinik VCT dan setelah cek laboratorium dinyatakan positif.

tidak hanya HIV/AIDS yang dapat kita ketahui dari rongga mulut. banyak macamnya, Kanker lidah, TBC, Sipilis (raja singa/kencing nanah), DM (diabetes meilitus/kencing manis), Herpes simplek bahkan jamur pun bisa ketauan (panu kok dimulut😀 ). penyakit tersebut nampak jelas di dalam rongga mulut terutama pada lidah, langit-langit dan pipi.

perubahan wana merah dan putih, teksturnya yang berubah dari normalnya seperti kulit jeruk menjadi seperti balon (mengkilap dan licin) serta ulkus (luka yang beraneka bentuk) merupakan petunjuk awal dari penyakit sistemik.

jadi anjuran periksakan kesehatan gigi dan mulut anda 6 bulan sekali ke dokter gigi bukan hanya giginya saja yang diperiksa melainkan juga seluruh rongga mulutnya.

selamat konsultasi dan periksa kesehatan anda di dokter gigi kesayangan anda.

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di bedah mulut, GIGI, keganasan rongga mulut, penyakit rongga mulut dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke MULUT jendela dunia

  1. Tina Latief berkata:

    ini dokter yang baik🙂
    buat medical check up saja perlu waktu yang lama..

    salam kenal dok🙂

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s