menggesek-gesekkan gigi saat tidur (bruxism)


bruxism

dok saya mau konsul nih. saya sudah di komplen istri saya. kalau tidur saya suka menggesek-gesekkan gigi sampai bunyi kkirrrtt–kirrrtt kencang sekali, tapi saya tidak sadar kalau melakukan itu. keluh seorang pasien saya.

menggesek-gesekkan gigi saat tidur adalah sebuah kebiasaan buruk yang bahasa keyennya adalah BRUXISM. kebiasaan ini banyak terjadi pada anak-anak walaupun ada juga pada orang dewasa. karena tekanan kuat pada saat gesekan maka menyebabkan gigi menjadi aus pada permukaan yang saling bergesekkan. akibatnya akan terasa ngilu saat makan/minum pada gigi tersebut karena email terkikis.

jika hal ini terus terjadi maka akan membuat gigi terlihat lebih pendek karena mengalami keausan. dan pada gigi geraham bagian oklusal (untuk ngunyah) akan tampak seperti meja makan alias datar.đŸ˜›

akumulasi dari kerusakan yang parah akibat bruxism bisa mengganggu posisi gigitan atau oklusi sehingga gigi perlu di sarung ( jaket/ mahkota). kebiasaan ini juga mengakibatkan kelainan pada Temporo Mandibular join (TMJ) atau persendian rahang.

bruxism ini bisa dihilangkan.

pada dasarnya stres pekerjaan dll memiliki dampak psikologis sehingga seseorang akan merasa nyaman dengan menggesek2kan gigi. kalau pada anak terjadi karena kurang terpenuhinya rasa nyaman, aman, perhatian dan kasih sayang.

jika faktor psikologis sudah dapat diminimalisir tetpai masih terjadi bruxism maka perlu di terapi dengan alat yang dipasang di dalam mulut. alat ini sudah merupakan kewenangan dari dokter gigi spesialis prosthodonti (Sp.Prost)

demikianlah sekilas tentang bruxism semoga membantu. untuk lebih jelasnya lagi sila berkonsultasi dengan dokter gigi kepercayaaan pembaca semua.

salam salimđŸ˜€

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, kebiasaan buruk dan tag , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s