gigi goyang dan gusi berdarah (periodontitis)


periodontitis

pertanyaan yang juga terbanyak ditanyakan pasien saat saya mulai praktek sampai sekarang adalah kenapa gigi goyang walaupun gak ada yang bolong terlihat lebih panjang, gusi mudah berdarah dan bau mulut.

nah kali ini aku mau ngebahas masalah itu nih. karena banyak banget yang nanya. mudah2an banyak yang sering buka2 web tentang ini.

gigi goyang walaupun gak ada yang bolong terlihat lebih panjang, gusi mudah berdarah dan bau mulut di sebabkan oleh beberapa factor salah satunya adalah calculus atau karang gigi. untuk penyebab lainnya adalah penyakit kencing manis atau gula atau diabetes meilitus

gimana nih bisa jadi begitu…

karang gigi atau calculus terjadi akibat penumpukan plak dan sisa makanan yang mengalami proses pengapuran sehingga membatu menempel erat pada gigi. bisa masuk ke dalam sulcus gingiva. nahhh sulcus gingiva itu adalah gusi yang engga melekat pada gigi seperti gambar di atas.

karang gigi yang menahun terus bertumpuk dan akhirnya kumannya merusak tulang alveolar (tulang penyangga gigi) sehingga tulang menyusut. saat tulang menyusut tentunya gigi jadi tidak tersangga dengan baik lagi jadinya goyang deh

saat karang gigi sudah masuk demikian dalam maka struktur gingiva (gusi) juga sudah tidak sehat, maka gusi berwarna merah menyala tidak merah muda lagi (normal). karang gigi penuh dengan kuman, mangkanya tubuh mengirimkan sel2 pertahanan tubuh yang ada di darah untuk mengahncurkan kuman itu. saat tubuh mengirimkan sel2 tsb pembuluh darah membesar sehingga saat menyikat gigi walaupun dengan gerakan yang lembut gusi mudah berdarah.

saat perdarahan bercampur dengan karang gigi yang penuh kuman, mulut akan beraroma busuk.

nah gimana sih caranya supaya keadaan di atas bisa dicegah dan bagaimana pengobatannya kalau hal ini sudah terjadi???

karang gigi

pertama konsul ke dokter gigi., perawatan utamanya adalah scaling dan kuretase (pembersihan karang gigi sampai ke dalam akar gigi), kedua adalah menyikat gigi dengan benar. jika gigi sudah goyang skala derajat 2 mendekati 3 akan dilakukan splinting (pengikatan) gigi yang goyang ke gigi tetangganya. atau sampai ke tindakan xtrem seperti bedah flap (pembukaan gusi dan tulang) untuk memperbaiki keadaan tulang yang rusak.

untuk lebih jelas dan lengkap sila dibuka link terkait periodontitis di blog ini juga:

  1. halitosis
  2. menyikat gigi
  3. gusi berdarah

okeh demikian semoga ada manfaatnya yah. oya kalo ke drg terus memang tidak ada penyebab dari dalam rongga mulut, segeralah konsultasi dengan dokter umum kemungkinan ada penyebab dari gangguan sistemik tubuh.

salam gigi😀

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, penyakit rongga mulut, periodontia dan tag , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s