gigi terkikis (abrasi gigi)


suatu saat saat praktek, datanglah seorang bapak usia 37th an untuk memeriksakan giginya. giginya rapi bersih ngga ada tuh yang namnya calculus (karang gigi).

dengan kaca mulut kuperiksa lah dengan lebih mendetil lagi. mukosa (jaringan lunak seperti langit2, lidah, gusi pipi dll) semuanya menunjukkan warna yang normal (merahmuda) berkontur yang normal (seperti kulit jeruk)

TIBA-TIBA…

seperti tahu isi hati ku, sang pasien berkata, dok gigi saya rapi kan, bersih kan??? tapi kenapa gigi saya ngilu ya kalau minum dingin dan makan yang keras keras??? padahal  saya sangat rajin menyikat gigi. bias dihitung jari saya gag gosok gigi lho dok. kenapa ya dok padahal kalau saya lihat di kaca ngga ada tuh gigi yang bolong.

dengan senyum yang menawan aku pun menjawab….

gigi dan rongga mulut bapak bersih dan sehat, tetapi gigi bagian depan bapak terkikis atau abrasi akibat terlalu kuat menggosok gigi dan secara horizontal.

menyikat gigi secara horizontal dan terlalu kuat akan merusak email gigi. memang diri kita tidak merasakan sakit saat gigi terkikis tetapi perasaan si gigi mengatakan itu sakit hanya kita gak sadar saja.

sebenernya cara menyikat gigi yang benar itu seperti kita menggunakan tusuk gigi. dari arah gusi ke gigi, dari bawah ke atas searah (vertical) dan tidak perlu terlalu kuat. dan juga jangan terlalu lama.

email yang abrasi menjadikan dentin (lapisan kedua pada gigi) ter ekspos/terlihat bertemu dengan udara luar. sedangkan bentuk dentin secara mikroskopis itu seperti kue bika ambon, berlubang lubang.

di dalam dentin yang berongga itu terdapat cairan yang berhubungan syaraf gigi di dalam rongga pulpa. saat ada rangsang dingin, panas, manis, asam, pedas akan merangsang cairan untuk tertarik keluar sehingga menimbulkan rasa ngilu

lalu adakah solusinya supaya gigi ini gak ngilu lagi?

ada. dengan menutupi si dentin itu. caranya dengan di tambal. berbagai macam bahan tambal ada yang berbentuk resin komposit (tambal sinar) dan glass ionomer cement tergantung kasus dan umur pasien.

supaya gigi ngga abrasi sila melihat tautan berikut : cara menyikat gigi yang benar

demikian cerita tentang gigi abrasi akibat salah langkah dalam menyikat gigi smoga bermanfaat dan bakwan… mana bakwan goreng ama jus alpukat aku tadi ??!!!!!!!

 
dentin

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI dan tag , , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s