gigi susu keropos dicabut sebelum goyang boleh ngga ??? (cabut gigi susu)


bang dokter ! cabutin sajalah gigi anak saya yang keropos ini. udah lah hitam bikin jelek aja dipandang, biar ajalah dia ompong! pinta seorang ibu padaku sambil memamerkan gigi anaknya yg seperti “black pearl”

waduh bu, kalo masalah cabut mencabut sih urusan gampang bagi saya. lagian kan duit masuk buat saya, bu. mauuuu banget saya nyabut gigi anak ibu. 5 gigi sekaligus pun mau banget. nah masalahnya…..

pencabutan gigi susu anak sebelum ada tanda tanda gigi tetap akan

tumbuh itu akan sangat mempengaruhi gigi yang akan menggantikannya.

ibaratnya begini. gigi susu itu penunjuk jalan atau guide bagi gigi tetap. nah

kalau penunjuk jalan hilang tentu akan tersesat gigi tetapnya nanti. sama

halnya kalau kita berjalan di hutan tanpa penunjuk jalan.

karena itu kita harus menunggu tanda-tanda gigi susu itu akan lepas. kita harus tahu kapan periode gigi susu berganti menjadi gigi tetap. gigi susu sebenarnya memberikan tempat bagi gigi tetap. jika rahang dibiarkan ompong terlalu lama maka rahang jadi kurang berkembang, biasanya rahang akan menyempit sehingga nanti jika sudah ada gigi tetap akan tidak beraturan / berjejal / berdesak-desakan atau crowding.

selama gigi keropos yang hitam itu tidak menimbulkan masalah seperti,

gusi bengkak, sakit berdenyut yang menyebabkan anak tidak mau makan

tidak perlu di eksekusi (cabut).

tetapi jika gigi tersebut menimbulkan rasa sakit, berdenyut bahkan bengkak harus segera diberi perawatan lanjutan agar sang anak tidak mengeluh sakit dan mau makan makanan yang bergizi.

pada intinya perawatan gigi di mulai sejak usia dini sehingga tidak menimbulkan penyakit gigi. dengan mengajarkan dan mencontohkan cara menyikat gigi yang baik dan menghilangkan kebiasaan buruk si anak seperti (minum susu botol saat mau tidur). mengurangi makanan yang banyak mengandung gula.

demikian nih knapa gigi susu sangat penting buat gigi tetap.

sekian dan  terima follower😀

link terkait postingan ini:

  1.  Rampan karies
  2.  menyikat gigi
  3.  kekhawatiran orang tua
  4.  pembiasaan

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, gigi anak, karies, TUMBUH GIGI dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke gigi susu keropos dicabut sebelum goyang boleh ngga ??? (cabut gigi susu)

  1. Ady berkata:

    Menarik dok informasinya! Lanjutkan!

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s