bisul kok ada di gusi ??? (ABSES PERIAPIKALIS)


fistel

mas dokter !!! jebreeetttt memerah muka ku di panggil begitu sama MAHMUD (maMAH mamah MUDa ). mas dokter sy mau tanya nih knapa sih kok ada bisul di gusi anak saya. biasanya bisul kan adanya di badan. apa alergi telor ya anak saya?

dengan senyum termanis, aku berusaha menenangkan ibu nya pasien saya. sabar bu mari kita lihat dulu kondisi mulut anak ibu. terlihat dari raut wajahnya mulutnya bengkak bagian depan, setelah ku lihat kondisi dalam mulut anak itu terlihatlah 2 benjolan pada gusi anak.  berwarna merah tengahnya kuning dan gusi disekitarnya mengkilat. apakah itu ???

itu adalah FISTEL !!!

fistel terjadi terjadi karena adanya infeksi pada pulpa chamber — ruangan di dalam gigi yang berisi pembuluh syaraf dan pembuluh darah– akibat kuman anaerob (kuman yang hidup tanpa udara) dan berbentuk nanah di bawah akar gigi (abses periapikalis) . nanah itu akan mencari jalan keluar dan terbentuklah fistel. infeksi gigi terjadi karena gigi berlubang yang tidak dirawat sehingga timbul infeksi yang berulang.

fistel bisa mengecil sendiri tapi ngga berarti sembuh lho ya, sangat mungkin dia timbul lagi. jangan coba-coba untuk memecahkan sendiri fistel itu karena dapat menyebabkan infeksi lebih parah dan meluas. bahayanya jika infeksi meluas akan mengenai benih gigi tetapnya !!! dan merusak pembentukan email gigi tetap tersebut.

biasanya jika hal ini terjadi pada anak dibawah usia 3 tahun penyebab utamanya karena minum susu pakai botol sebelum tidur sehingga terjadi rampan karies   . rampan karies ini kalau dibiarkan akan menyebabkan infeksi berkulang pada gigi anak yang menyebabkan fistel itu.

perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi adalah perawatan endodontik untuk anak disertai terapi obat-obatan untuk menghilangkan nanahnya. dan ini merupakan proses yang panjang.

untuk perawatan orang tua di rumah. bersihkanlah bulut dan gigi anak baik menggunakan sikat gigi dan pasta gigi maupun dengan kain halus dan air hangat (utk anak dibawah 1 tahun).

jika gusi sudah mengandung fistel maka sikatkan gigi anak dengan lembut dan kompres dengan air hangat supaya fistel bisa mengecil. ajarkan dan contohkan selalu menyikat gigi kepada anak. kurangi makanan yang mengandung gula

semoga bermanfaat salam anget😀 dan terima angpao

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di abses, bedah mulut, GIGI, gigi anak, karies, penyakit rongga mulut dan tag , , , , , . Tandai permalink.

50 Balasan ke bisul kok ada di gusi ??? (ABSES PERIAPIKALIS)

  1. Rinto Abimanyu berkata:

    Bagus mas pram tulisan2 nya.. bahasa yg simpel mudah dipahami oleh semua orang termasuk yg bukan dari medis… terus berkarya demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut 😊

  2. Dian berkata:

    salam kenal dokter,
    Saya Dian, dua bulan ini di gusi saya ada bengkak dan ada bisul. Bisul itu pecah dan keluar nanah, tapi tumbuh lagi. Gigi gerahamnya berlubang, apakah jika ada bisul itu, giginya bisa langsung dicabut atau harus menunggu bisulnya kempes dulu?
    Terima kasih dokter sebelumnya.

    • drgnyeleneh berkata:

      pada dasarnya abses / bisul / nanah akan berulang terus jika sumber infeksi tidak di perbaiki. nah gigi yang berlubang itu kalau lubangnya tidak terlalu besar sayang untuk dicabut. lebih baik dilakukan perawatan endodontik (perawatan saraf gigi). kalau lubangnya sudah kayak kawah merapi yaaa terpaksa di eksekusi.😀 coba deh dipikirkan. bayangkan kalau jari diamputasi kan gak tumbuh lagi artinya cacat permanen. laaahhhh kalo gigi dewasa dicabut kan gak tumbuh lagi, berarti cacat permanen juga. sebaiknya konsulkan ke drg yg mbak dian percaya. oya pada pencabutan gigi intinya tidak dalam keadaan sakit, bisulnya bengkak besar. kalo dah kempes bisa dicabut. tapi pikir2 dulu yaaaa🙂

  3. wulan berkata:

    gusi saya juga gt dok ada semacam bisul kecil di gusi bawah kiri dan di sebelah gigi geraham yang sudah tanggal. SUDAH 3 hari ini muncul. CARA MENGOBATI ALAMI GIMANA DOK ?apa pengaruh dari makanan juga? terimakasih

    • drgnyeleneh berkata:

      maaf baru bisa balas nih sibuk ngerjain HKN. oke kalau abses itu salah 1 nya karena proses tubuh melawan kuman yg masuk sehingga timbul nanah. secara alami bisa dengan kumur air garam hangat. tetapi kurang efektif kalau penyebabnya tidak dibuang. mungkin masih ada sisa gigi yg belum terbuang

  4. wulan berkata:

    okee dok makasih sarannya . saya coba yang kmur air garam dulu dok. Sebenarnya tidak sakit cuma risih saja dok…..

  5. rosy berkata:

    makasi dok infonya… ini anak saya umur 5 tahun giginya banyak yang berlubang.. gusinya juga bengkak>.< saya sudah konsultasi dengan dokternya… dan dianjurin untuk foto… jdi yang gigi tetep nya mau tumbuh disaranin untuk dicabut… saya masi kuatir yang gusinya yang bengkak.. apakah infeksinya nanti ada efek ke gigi tetap nya? makasii dok

  6. linda berkata:

    malam dok,.. sy mw bertax anak sy berumur 3 thn,di gusix ad benjolan seperti bisul gusi atas bgian dpn dn kelhtan ky bernanah. terima kasih dok sebelumx

  7. linda berkata:

    anak sy sdh 2 mggu ini gusix,,,terdpt bisul.PDHal gigix bgs dok.bkn krn lalu aq sikat gigix smapai gusix juga dan smpe berdarah.

  8. Lina Lupitasari berkata:

    Malam dok, 4 tahun yang lalu sy sempat mengalami kecelakaan dan mengakibatkan gigi depan saya mundur ke belakang, dan sy pakai kawat gigi untuk merapihkan gigi bagian atas, bukan untuk ditarik kedepan. Semua berjalan baik-baik saja dok, namun sekitar 2 tahun yang lalu, muncul benjolan kecil di gusi gigi depan dan sering mengeluarkan nanah, dan ini terus ada sampai sekarang dok. Pertanyaan sy, apakah ini ada hubungannya dgn kecelakaan sy 4 tahun lalu dok? bagaimana cara mengobatinya dok? terimakasih sebelumnya dok

    • drgnyeleneh berkata:

      Pasang kawat gigi nya ke dokter gigi kaaannnn???

      Nahh apakah pemasangan ortonya setelah kecelakaan atau menunggu 1 atau 2 thn pasca kecelakaan?

      Bagaimanapun juga pemasangan orto itu untuk menggerakkan gigi. Sebelum Pemasangan orto itu harus melalui tahapan rontgen panoramic dan sefalometrik.

      Oya apakah giginya berubah warna? Ada kemungkinan gigi mbak pasca kecelakaan patah namun dibagian akar sehingga ada infeksi.
      Coba konsulkan ke drg terdekat

      In sha Allah ada solusinya. Kecuali mbak mau datan ke riau ke praktek saya heuheuheu

      Salam

  9. ega berkata:

    Sore dok,mau Tanya nih.anak sy usia 2,5th. Gigi depannya sdh keropos,nah bbrp hari ini dia ngeluh Gigi kroposnya skt. Lalu td mlm sy lht bibir atasnya agak bengkak.awalnya sy kira kepentok.anak sy pegang2 trs Gigi depan atasnya dia blg ada telornya,stlh sy lht trnyata ada benjolan lunak berisi cairan kuning,krn anak sy dorong2 pakai lidah jd berdarah.itu knp ya dok?trims sblmnya ya dok

    • drgnyeleneh berkata:

      Nahhhh itulah abses. Kuman gak bisa keluar dari dalam gigi akhirnya masuk ke dalam sampai ke akar gigi. Segera ke drg terdekat. Terutama yg pandai dekat dg anak2

  10. Bayu berkata:

    Sore Dok.
    Saya juga ngalamin hal yg serupa seperti yg di jelaskan dokter.
    ada benjolan di gusi gi2 graham saya,
    Nah kenapa ya dok,tiap kali saya meroko benjolan itu terasa sakit/ngilu???
    Terimakasih dok.

    • drgnyeleneh berkata:

      Wuiiihhh yg nanya ahli hisap. Hehehehe.. rokok mengandung tembakau dan zat adiktif lainnya +PANAS. Coba deh kalo merokok… rokoknya gak usah dibakar… diemut emut ajah pasti gag ngilu🙂

  11. reni berkata:

    malam dok..saya mo curhat ni sya jg ngalamin hal yg sna gigi dibagian graham berlubang trus digusinya ada benjolan cuma ga bernanah siih..itu knp y dok??gigi saya yang kiri ga bisa dipake karena banyak karang gigi dan gigi bagian atasny jg bolong..jd saya pake gigi yg sebelah kanan yg ada benjolanny..rasa klo buat ngunyah sakit..gmn y dok solusiny??ad ga ya pnyembuhan secara tradisonal biar benjolanny ga datang2 lagi..makasih y dok sebelumny
    4×4,bila sempat harap dibalaz

  12. Star berkata:

    Malam dok,
    Mau tanya. Saya (38 th) ada bisul di gigi geraham bawah kanan, selalu berulang, bisul dan bernanah. Gigi geraham nya kata dokter gigi mengalami pocket yang cukup dalam katanya. Bahkan agak goyang dikit itu geraham. Penanganannya gimana ya dok? Kalau konsul, ke drg spesialis apa konsulnya? Tks ya dok.

    • drgnyeleneh berkata:

      Naaaahhhhhh karena sy gag bisa liat langsung maka dianjurkan untuk ke drg spesialis periodontal. (Sp.perio) kalau gigi nya berlubang parah dan sudah tinggal sisa akarnya kemungkinan besar harus di cabut. Kalau giginya masih bagus bisa di rawat endodontik oleh spesialis konservasi gigi (sp.kons) tapi kalau giginya geraham ujung (bungsu) baiknya di pensiunkan saja. Tapiiiiiiii biar lebih manteb ya ke drg yg sy sebutkan tadi yaaaaa. Smoga lekas sembuh

  13. indamah berkata:

    pagi dok
    dok ini saya mw tanya gigi saya sebelah kiri berlubang besar terus gusinya bengkak karena abses apa lebih baik di cabut saja ya, ?? terus sedangkan yang kanan gerahamnya juga berlubang terus di sertai keluar gigi bungsu yang tumbuhnya tidur, kanan kiri sama2 sakitnya,,, mw dicabut juga sekalian,, tapi menurut saya searching mahal sekali untuk cabut gigi geraham bungsu ,,,, sampai jutaan rupiah untuk biaya pencabutan gigi tidur,, benarkah dok???

  14. indamah berkata:

    Maaf dok tanya lagi,,, obat kumur apa ya yang paling manjur untuk membunuh kuman yang bersarang di gigi

  15. Ti ni berkata:

    Dokter ank sy berusia 22bln. Gigi grahamx mw tumbuh smua tp knp bagian pojok atas raahang kanan.ad benjolan sebesar jagung berwarna kuning.dan sdh 3 hri panas pdhl sdh diberi obt penurun panas dan dpt puyer!itu benjolan ap.dan knp? Di beri obt ap y dokter???

  16. muhammadzaky00 berkata:

    dok, adek saya yang umur nya 5 tahun terdapat benjolan di gusi atas, dan kata adek saya, di pegang tidak sakit, itu bahaya ga dok ? saya khawatir

    • drgnyeleneh berkata:

      Wahhh sy gak liat mas. Harus di bw ke drg terdekat. Gak bisa mendiagnosa jarak jauh. Kan bukan dukun. Heheheh. Segera saja periksa dan jangan ditakut takuti yaaa

  17. RUDI HIDAYAT berkata:

    MALAM DOK…ANAK SAYA UMUR 4 TAHUN DAH KE DOKTER, KATANYA ADA NANAH YANG HARUS DIKELUARKAN…MAAF, MENGENAI BIAYANYA MAHAL GA YA DOK ? TERIMA KASIH BANYAK

  18. Sari Mustika berkata:

    Siang dok…suami saya tumbuh seperti gigi susu dibawah lidah…..saya jadi khawatir..saya search di internet kok nggak ada penyakti kayak gitu..apa ya nama pennyakit dan gimana menanggulangi..makasih dok

  19. Rimanita Ginting berkata:

    Siang dok,,,,gusi saya kemaren agak asakit tp bukan sakit kali,setelah 3 hari kemudian ketika saya tekan pakei lidah saya kok keluar nanah ya dok?tapi gigi saya ngak ada yg berlobang dok.Penyakit apakah itu?tp setelah keluar nanah tidak sakit lagi,tp kan saya takut dok?obat apa yang cocok dok?

  20. Sari berkata:

    Dok,anak saya umur 6 tahun.dia mengalami karies di 2 gigi depan,tapi sekarang di gusi atas justru tumbuh gigi diatas gigi yang karies dibawah bibir bagian atas tapi anak saya tidak mengeluhkan sakit dok.bagaimana solusinya dok.terima kasih…

  21. ira berkata:

    dok mau tanya anak saya umur 4,5thn…dulu suka ngedot shg gigi atasnya keropos….skrg tumbuh benjolan dan bintil putih dideket gigi keroposnya itu…kadang ngempes dan hilang bintil putihnya itu..ehh bbrp hr lagi muncul lg..anak tidak demam,dan tdk mengeluh sakit gigi..tp di lehernya kayaknya ada pembengkakan getah bening sebesar kcg ijo….
    yg mau sy tanyakan apakah itu tdk mengganggu pertumbuhan gigi tetapnya kelak dok?

  22. eka yasmin berkata:

    Dok anak saya umur 4thun.sariawan d.dekat geraham atas tepat y d dinding pipi..luka y seperti berlubang..kata y tergigit sewaktu makan..kira2 bahaya ga dok…soal y dia ngeluh sakit aja.kr2 proses pnymbuhan y lama ga dom

    • drgnyeleneh berkata:

      Itu nama kerennya ulcus traumatikus atau luka akibat trauma. Prosesnya lama bu. Tapi jangan khawatir akan sembuh dgn sendirinya walaupun prosesnya lama. Minum yg anget anget aja

  23. malet berkata:

    dok kalau ada benjolan putih sperti gigi di gusi depan bagian atas tapi tidak sakit kalok di pegang timbul sekitar dua hari ini apa mungkin karena gigi gigis juga dok,, gigi gigis kekuningan padahal juga sikat gigi anak saya usia 3 tahun
    .. monhon di kasi solusinya dok ,terimakasih

  24. ameliaa berkata:

    dok gigi saya ada benjolan dibagian depan udh periksa katanya infeksi, bisul gigi. tapi tidak sakit. itu knp ya dok ?apa berbahaya ?

  25. Anonim berkata:

    dok ank saya umur 2thun 6 bln ada benjolan di gusi atasnya berisi cairan wrna kuning tapi di pegang tidak sakit.Berbahayakah itu dok???

  26. mega berkata:

    Dok, saya menambal gigi saya 4 tahun yang lalu dok, satu tahun yg lalu gigi geraham saya sakit dan sakitnya menyebar ke gigi depan saya yang udh ditambal,, trus kalo saya nekan bagian dekat lubang hidung (tepat diposisi atas gigi yang ditambal) akan terasa ngilu, nanya kedokter giginya katanya gak apa2. Yaudah dibiarin, ehh gak sembuh2 ngilunya, sekarang ngilunya ditambah dgn berdenyut dok, trus juga tumbuh benjolan, tapi gusi gak bengkak dok, benjolannya pernah keluar nanah dok, apakah juga harus ditanganin pake perawatan saraf? Kalo iya, berarti gigi saya akan mati kan dok? Akan sangat rapuh kan dok? Terus harus gimana?

  27. Naura berkata:

    Dok, gigi anak saya yg atas tinggal akarnya saja, gusi bagian atas anak saya ada gigi yang tumbuh, nggak tau akar gigi susu apa gigi yg baru, kayaknya sich akar gigi susu, saya mau tanya cara mengatasinya gimana ya, umur anak saya baru 3 tahun apakah tidak berbahaya jika di cabut

    • drgnyeleneh berkata:

      Sebaiknya dicabut karena akar gigi yg menembus gusi akan melukai bibir kadang yg extrim bisa membuat gusi bolong. Sehingga anak tak mau makan. Gigi tetap atas baru tumbuh usia 7-8tahun.

      Pencabutannya harus dengan bius suntik. Usahakan ke drg yg ramah anak atau yg menguasai hipnodontia atau ke spesialis gigi anak (gelarnya: Sp.Pedo)

      Semoga membantu

  28. erfach berkata:

    dok, saya ada fistula juga, sumbernya di geraham. Sebelumnya udah periksa, dokter pertama saran dicabut aja, tapi saya gak mau, masih saya pertahanin. Terus saya ke dokter lain, dia mau ngerawat gigi saya, bolak balik sekitar 10 kali tapi masih numbuh juga fistulanya. Saya tau fistula gak bisa sembuh, mungkin karena kondisi graham saya yang memang sudah mati, dengan tambalan yang besar. Setahun terakhir ini sejak pengobatan terakhir ternyata udah 2 kali gigi ngilu & gusi bengkak di graham itu. Yang saya alami sekarang ini ternyata malah membuat fistula baru yang lebih besar disebelah fistula pertama, sedangkan fistula pertama yang lebih kecil tidak berisi nanah lagi/kempis. Kalo saya ke dokter gigi lagi & langsung minta cabut saja (tanpa minta perawatan lagi) boleh gak dok? Soalnya udah males & bosen nih dok dengan keluhan gigi yang sama selama 2 tahun ini. Makasih ya dok

tempat komen diisi ya

