pak dokter, gigi anakku gigis , hitam semua !!! (RAMPAN KARIES)



rampan karies

Dok, dok… tolong dok, anak saya umur 2 tahun kok giginya sudah hitam-hitam dok. Hampir semuanya. Tapi dia ngga ngeluh sakit sih. Gigi anak jaman sekarang gampang rusak ya dok ngga kaya saya dulu. Curhat seorang ibu muda kepada dokter gigi nyeleneh di prakteknya.

Pertanyaan ibu muda ini, aku yakin juga menjadi  pertanyaan yg mengganggu benak para pembaca yang budiman. Apakah benar bahwa gigi generasi sekarang lebih rapuh dibanding orang tua kita dulu ???

Maka setelah mendengar keluhan ibu itu, aku melakukan anamnesa (cieee biar keren dikit bahasanya) tanya. jawab untuk mencari informasi tentang riwayat pasien.

Drg : ibu, anak ibu yang ngganteng ini
doyan minum susu ya bu?

Ibu : ohhhh , iya dok sehari bisa 5 kali.
Apalagi kalau mau tidur itu 1 botol
besar

Drg : hmmmm… anaknya dicontohkan
sikat gigi bu ?

Ibu : iya dok, sudah saya ajarkan,
dibelikan yang baru gambar spedermen, tapi tetap aja
males banget dok, hilang akal
saya…

kemudian dengan elegannya aku beranjak dari kursi dan mengambil kaca mulut untuk pemeriksaan ke mulut sang anak. Kulihat hampir seluruh giginya berwarna hitam kecoklatan dan ada benjolan pada gusi di gigi depannya.

“Ibu, kondisi pada gigi anak ibu ini disebut sebagai rampan karies. Yaitu karies  atau gigi berlubang pada anak yang secara cepat menyebar terutama pada gigi atas. Keadaan ini sering di sebut juga baby bottle syndrome (biar keliatan pinter pake bahasa inggris) atau sindrom botol susu.”

Kebiasaan anak ibu minum susu pakai botol lah yang akan menyebabkan rampan karies ini.

Secara logika seperti ini prosesnya bu. Anak minum susu botol sampai akhirnya tertidur. Tentunya setelah tertidur susu tadi menggenangi mulut beberapa saat dan menempel pada gigi terutama gigi atas. Anak di bawah usia 3 tahun tidur malam sekitar 8 sampai 10 jam. Susu yang menggenang akan basi. Oleh kuman di dalam mulut yang bernama streptococcus mutans diolah sehingga menjadi asam kuat yang melumerkan/melunakkan permukaan email gigi sehingga karies dan akhirnya berlubang. Prosesnya cepat dan merata.

Menurut penelitian dari berbagai sumber, kejadian karies rampan ini mencapai 90% pada anak usia 3-6 tahun karena semakin bervariasinya makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Terus nasib gigi anak saya gimana dok ??? cabut ajalah dok biar gak jelek gitu !!!

“Begini ibu, saya memahami kekhawatiran ibu, jika gigi anak ibu saya cabut justru akan menimbulkan masalah baru bagi si anak. Gigi penggantinya / gigi tetap nya akan tumbuh tidak beraturan. Nanti pada saat gigi tetap tumbuh akan mendorong gigi susunya. Setelah goyang baru kita cabut. Gigi susu itu penunjuk jalan untuk tumbuhnya gigi tetap. “

Lagian liat gigi anak ibu semuanya karies masa iya harus saya cabut semua??? Kan kasian lho bu. Coba ibu giginya saya cabut semua mau ngga ?😀

Sebaiknya gigi anak ibu di jaga lagi kebersihannya dan CONTOHKAN cara menyikat gigi ya bu. Anak2 akan mencontoh orang tuanya. Kalau disuruh nanti dia bertanya. Kok ibu ngga sikatan. Jadi ibu menyikat gigi di samping anak. CONTOHKAN bukan PERINTAH

“Ajarkan untuk minum susu memakai gelas dan kumur air putih setelah minum susu. Kalau anak ibu masih umur 1,5 tahun usap dengan lap halus dan air hangat setelah minum susu.”

Terus dok kalau gusi yang bengkak itu???

Ohhh. Itu namanya abses periapikalis nanti akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya ya bu…

Yaaahhhhh pembaca kecewaaaaa😀

Link terkait : kompas minum susu botol picu karies pada anak

Smoga berguna postingan kali ini.

NB: kalau bahasanya nyeleneh

ya harap maklum.

Namanya juga dokter gigi nyeleneh

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, karies, penyakit rongga mulut, TUMBUH GIGI dan tag , , , . Tandai permalink.

43 Balasan ke pak dokter, gigi anakku gigis , hitam semua !!! (RAMPAN KARIES)

  1. nidya berkata:

    Makasiihh yaahh pak dokter utk penjelasan nya… ditunggu postingan berikutnya..

  2. drgnyeleneh berkata:

    siaaaaappppppppppppppp… nikmati aja berbagi ini

  3. Ping balik: gigi susu keropos dicabut sebelum goyang boleh ngga ??? (cabut gigi susu) | Nyeleneh

  4. aminah berkata:

    pak, anak saya jadi susah makan deh, udah umur 3 tahun cuma minum susu. mau makan yang lain kadang sakit

    • drgnyeleneh berkata:

      makanan harus bervariasi bu biasanya anak usia 3 tahun senangnya yg bias dikunyah, bukan jenis yg lembut lagi. kemudian bu, susu itu MENGENYANGKAN dan menenagkan jiwa. coba ibu konsul juga dengan ahli gizi. oya… susu itu rasanya enak bu jadi anak males makan hehehehehe.

  5. rumahbajusakinah berkata:

    padok praktek dmn? ada info dr gigi anak yg friendly kyk bapak tdk di daerah semarang?? tq

  6. asep saepudin berkata:

    Dok anak saya giginya caries (ompong) dan tumbuh gigi baru yang keluar dari gusi karena yang rusaknya gak d cabut, apakah harus dicabut? Dan apa gigi yg keluar dari gusi ini jg jd rapi kembali dok?

    • drgnyeleneh berkata:

      Gigi yg rusaknya kudu dicabut. Carilah drg yg friendly dgn anak supaya ngga trauma. Dan bisa rapi dgn menghilangkan bad habit. Contoh ngenyot ibu jari , bibir dll

  7. olivia mulyo berkata:

    dok anak saya giginya udh banyak berlubang truz skrg dy mulai ngeluh sakit gigi tp sakitnya kl dy selesai makan dan akan sembuh kl dy berkumur, yg mo sy tanyakan apa sebaiknya dicabut at gimana?coz kasian kl dy dah mulai ngeluh sakit gigi trus ada efeknya buat perkembangan at pertumbuhannya? mksh sebelumnya.

  8. fuzi siti fauziah berkata:

    Dok anak saya umur 3th giginya karies gitu tapi dia ngak suka minum susu botol kok .Penyebabnya apa yah kok bisa jd habis gitu giginya ?

  9. Segah berkata:

    Mau nanya… umur saya 20 thun saya punya keluhan.. gigi saya gk rata …gigi depan yg atas dlu copot 2 gk tumbuh…. smpek skrng… yg bawah jg copot 2 jdi sya gk biaza senyum gk pede …

    Gmana dok solusinya… biar ggi sya jdi rata lg …

  10. no name berkata:

    Dok. Umur saya 17 tahun, saya punya gigi gigis satu di depan atas. Dulu waktu kecil dokter gigi tidak menyarankan untuk dicabut. Lalu solusinya apa dok. Kalau dicabut bisa tumbuh atau tidak, apakah menggunakan gigi palsu?

  11. nia berkata:

    Dok. anak saya berumur 27 bulan dan gigi depannya sampai taring itu sudah hampir habis dan kadang dia mengeluh sakit, saya sudah ke dokter tapi katanya gak boleh dicabut dulu. Trus solusinya gimana ya dokter mohon bantuannya?

    • drgnyeleneh berkata:

      Ibu Nia yg baik. Ibu bisa konsultasikan ke dokter gigi spesialis gigi anak atau pedodonti. (Sp.Pedo) yang lebih mendalami perawatan gigi anak. Seandainya dicabut akan ada perawatan selanjutnya. Seandainya tidak dicabut akan dilakukan perawatan saluran akar utk gigi anak ibu. Demikian

  12. Siang Dok, Dok anak saya umur 2 tahun gigi atas bawah gigis semua, dan hampir meyebar ke gigi graham nya, waktu baru tumbuh gigi sudah langsung ada tanda tanda gripis, waktu umur 6 bulan dia kalo makan kadang dikuyahi dari mulut nenek nya & dari lahir dia nyusu botol, mungkin itu penyebabnya hingga menyebar ke semua gigi ya dok?, sudah rajin dibersihkan gigi nya tapi kok masih menyebar ke gigi yang lain, mohon solusi ny dok

    • drgnyeleneh berkata:

      Minum susu botol saat tidur itu berbahaya buanged, kenapa? Krn saat tidur ludah lebih kental drpd saat bangun. Oke itu udah terjadi.

      Solusinya segera ke drg utk dilakukan penambalan. Cari drg yg ramah anak walau muka garang 😆.
      Jangan ditakuti anaknya. Santai saja anggap sedang bermain ke drg jadi hatinya tenang. Smoga sukses

  13. bunda echi berkata:

    Dok anakku umur 14 bln baru mulai tumbuh gigi, tp kok warna giginya gak putih ya melainkan abu abu kehitaman.. Dia dari umur 2 bulan pake sufor apakah itu berpengaruh ya dok?
    Terimakasih

  14. Marissa berkata:

    hi dok saya mau nanya, kmrn saya kan baru bawa anak saya yang umur 2 thn 10 bln ke dokter gigi dikarenakan malam sebelumnya giginya berdarah dan dia ada demam sedikit. trus pas saya bawa ke pediatric dentist, pas di cek terlihat gigi anak saya hitam smua dan rusak sebanyak 17 gigi, hanya 4 yg masih bagus. lalu saya tanya doketrnya apa yg bisa kita lakukan untuk 17 gigi ini, dokternya malah menjawab kalo anak saya harus dicabut smua giginya yg 17 itu. saya sempet kaget apalagi mengingat anak saya punya history kelainan jantung atau bisa dipanggil PDA, nah saya tanya dokternya apa itu tidak bahaya cabut gigi sebanyak itu untuk anak saya dgn history penyakitnya ini, kata dokter tidak apa2. cuman saya gak berani buat tidakan dahulu, saya mau cari second opinion dokter lain dan sambil menunggu saya hanya minta obat untuk gigi yang berdarah itu dan dikasih antibiotil. mungkin dokter bisa bantu kasih solusi apa yang baik untuk gigi anak saya? terimakasih

    • drgnyeleneh berkata:

      Kalau posisi ibu di jakarta bisa ke RSGM di UI, Trisakti, Moestopo. Di sana banyak ahlinya. Sepanjang sepengetahuan sy, dalam kondisi khusus ini harus kerja tim antara drg dan sp.anak. demikian semoga bisa membantu

      • Marissa berkata:

        saat ini saya lagi di filipina dok, saya bingung apakah harus saya iyakan atau tidak advice dari dokter tsb. menurut dokter sendiri, apakah masih ada perawatan lain yang bisa dilakukan dengan kasus ini selain harus dicabut? oya dok, saya bingung juga dengan istilah sedation untuk anak. itu maksudnya atau lebih jelasnya apa ya dok?saya kurang paham dengan penjelasan dokter sini waktu dijelaskan kmrn. terima kasih.

      • drgnyeleneh berkata:

        Sedasi itu anastesi dgn dihirup shg anak tak sadar kemudian dilakukan tindakan operasi.

  15. Yenny berkata:

    Anak saya berumur 12 bln dah sudah tumbuh 4 gigi depan atas 4 gigi depan yg atas dan 1 gigi graham bagian atas kanan.. dan bagian atas kiri gigi graham sudah bengkak tp kok hitam ya gusi nya apa itu normal atau harus di periksakan.. mohon jawabannya tq

  16. Ricky berkata:

    Dok… saya 28thn.. gigi saya yg karies goyang sekali. Bolehkah dibiarkan copot sendiri atau harus ke dr gigi?

  17. Diana berkata:

    Dok anak saya usia 20 bulan gigi atasnya juga sudah keropos hampir semua, geraham juga sudah tanda2… Sudah dibawa ke dokter gigi, katanya karna malam maaih saya susui (anak asi) saya minta ditambal… Tapi dokternya bilang percuma nanti juga patah lagi, karna giginya sisa 1/3… Dan lagi kalau ditambal kan mesti dikikis, jadinya makin sedikit giginya dan akan susah cabutnya nanti saat gigi dewasa tumbuh.. Benar ga tu dok??
    Saya pengen banget giginya ditambal, karna kasian anaknya jadi susah makan sekarang… Sekarang makannya cuma diemut, jadinya otot rahangnya juga tidak bekerja dengan baik ujung2nya dia jadi telat bicara…

    • drgnyeleneh berkata:

      Tambal saja. Saran say ke drg yg ramah anak atau ke drg. spesialis pedodonti atau sp.Pedo. nama lain dari dokter gigi spesialis gigi anak. Smoga bisa dipertahankan

      • Diana berkata:

        Mau nya gitu dok, cuma dokter gigi anak dikota saya susah2 gampang carinya, ini juga direkomendasikan oleh dokter anak saya… Tapi sayangnya sarannya tidak membantu sama sekali,
        Ada saran dokter gigi ga dok?
        kali2 aja dokter ada kenalan disini.. Saya domisili di padang sumatera barat..
        Makasi ya dok, sudah dijawab

      • drgnyeleneh berkata:

        Unand sudah ada fakultas kedokteran giginya biasanya kalau ada fkg, ada RSGM (GM: gigi mulut). Pergi ke klinik spesialisnya. Coba ke sana dan tanya klinik spesialis pedodontinya.

        Soalnya saya ndak tau drg sp.pedo di padang. Tapi kalau ibu ke sana insyaAllah ada solusinya.

  18. Diana berkata:

    Oke, terimakasih atas sarannya dok… ☺

  19. Ibu aning berkata:

    Dok mau tanya gigi anak saya gigis depan atas. Dan ada tumbuh gigi kecil di atasnya. Gmn dok apa harus di cabut gigi gigisnya.

  20. ibu padma berkata:

    Dkutaok anak saya mengalami gigi karies di empat gigi seri atasnya dan sebagian besar gerahamnya juga berlubang. Umurnya 5 tahun dan akhir akhir ini sering mengeluh sakit yg luar biasa. Kalau sakitnya kumat saya beri parasetamol sebagai pereda nyerinya. Pada usia anak saya apakah gigi geraham sudah boleh dicabut? Dan apakah akan tumbuh gigi geraham baru untuk menggantikannya? Trims

  21. Nur Ailia berkata:

    Pagi Dok, mau menanyakan benar ga si kalo gigi susu itu akan tumbuh lagi pada saat anak umur 7 thn? karena barusan saya bawa anak saya (umur 2 thn) ke dktr gigi, kasusnya sama dengan yang diartikel dokter kalau gigi depannya karies semua, dan saat ini gerahamnya sudah muncul retak -retak. tadi hanya dikasih sanmol untuk redakan demamnya saja.
    Kata dokternya kalo gigi susu baru bisa tumbuh lagi di umur 7thn. kasian banget liatnya, memang dia sering minum susu botol sampai tidur juga, dan jika dikasih air putih langsung nangis. Sikat gigi sudah dicontohkan tetapi tetap tidak mau.
    oiya dok jika pakai pasta gigi kan anak-anak jarang bisa ada yang kumur-kumur jika tertelan sama mereka gmn ya dok apakah berbahaya?
    Mohon informasi dan solusinya dok. Trims

    • drgnyeleneh berkata:

      Memang akan tumbuh gigi penggantinya saat 7 tahun bunda. Tapi…

      Intake gizi setelah anak umur 2 tahun yg utama bukan dari susu lagi tetapi dari makanan. Sedangkan perkembangan otak fisik dll itu saat periode emas umur 0-5tahun.

      Kalau intake makanan dia gak dapat kan kasihan. Saran saya datang ke drg yg spesialis gigi anak atau pedodonti (sp.Pedo) supaya tuntas.

  22. irha berkata:

    Dok ..sya mau tanya..
    Gigo geraham saya yg atas beelubang mayan gede dok..dan suka kumat..uda ke dokter gigi katannya suruh cabut..tp kata orang tua sya , ngx bolh bhya utk peenglihatan ..ada solusi ngx dok

tempat komen diisi ya

