gusi bengkak dan berdarah pada perempuan


Anak gadis yg baru menstruasi pertama terkadang ada keluhan gusi bengkak dan berdarah…

Tapi gak semua yaaaa

Nahhhhhh biasanya orang tua bilang, ooo kamu banyak karang gigi nya tuhhh, atau kamu sih nyikat giginya kaya nyikat baju terlalu kuat

Kalo gw ada kasus kayak gitu biasanya nanya ke pasien, dik baru pertama kali haid/mens yaaaa?? ^•^

Nah pada perempuan yg pertama kali mens, hormon estrogen tidak stabil, kadang melonjak tinggi, kadang rendah. Pada saat itulah gusi jadi bengkak dan mudah berdarah. Ini disebut gingivitis pubertal !

Jangan panik jgn risau apalagi galau. Gampang kok solusinya. Periksa ke drg. Kalo banyak karang gigi ya dibersihkan selain itu Cara alaminya ya kudu makan/minum yg mengandung nutrisi yg cukup dari makanan ya bukan suplemen. Krn sbaik2nya gizi itu dr makanan

Kalo drg biasanya akan kasih obat antiinflamasi ringan. Tapi yg penting ya makanan bergizi itu

Wabil khususon utk ibu2 muda yg sdg hamil muda juga sering terjadi gangguan ini. namanya gingivitis pregnancy. Solusinya pun sama.

Nah bagi perempuan yg mau nikah dan program pny anak, sebaiknya periksa gigi dulu ya biar gak repot saat hamil Soalnya utk BUMIL sebisa mungkin tidak memberikan obat.

 

 

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di gigi, penyakit rongga mulut dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke gusi bengkak dan berdarah pada perempuan

  1. Ping balik: gigi goyang dan gusi berdarah (periodontitis) | Nyeleneh

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s