sekilas tentang gigi IMPAKSI :D


Gigi impaksi = gigi yg terbenam, tidak bisa tumbuh, semua gigi bisa impaksi. Yg sering itu gigi Molar3 (geraham bungsu) atas dan bawah

Nahhh gw ngetwit tentangg M3 aja dulu yah biar gak blunder dgn caninus

Gigi Molar 3 atau geraham bungsu tumbuh rata2 usia 20an-25an thn

Impaksi ada kelas-kelasnya broh. Ada yg dibawah tulang sambil bobo (horizontal), ada yg terbalik, ada yg miring nyodok gigi depannya. Ada juga yg tumbuh ke pipi, atau ke arah lidah. Nah pada saat proses tumbuhnya membuat org demam dan migren

Berdenyut hebat, migren tapi banyak org menganggap dirinya sakit kepala padahal sebabnya dari impaksi gigi

Banyak sebabnya bro sis. Ada faktor genetik. contoh nih  Bapak suku batak, rahang lebar gigi besar, ibu jawa rahang kecil gigi kecil. ada kemungkinan sang anak dapet rahang kecil tapi giginya gede-gede. akhirnya selain giginya berantakan juga bisa impaksi. Itu sesuai dengan hukum mendel lhooo. Tapi bukan itu aja masalah gigi M3 jd impaksi

Faktor lainnya adalah, pola makan kita yg serba instan, goreng, presto dan lunak gak seperti nenek2 kita dulu. Itu sesuai dg hukum use and disuse. Contoh. Tangan kanan lebih besar dari kiri krn yg kanan sering kita pake kerja

Karena sering makan2an olahan maka rahang manusia modern kurang berkembang shg M3 itu impaksi kagak mau nongol :O

Solusinya adalah odontektomi operasi kecil utk ngangkat itu gigi impaksi

Kalo mengganggu gak diambil risikonya ya sering sakit, gigi depannya rusak, engsel rahang / Temporo mandibular joint (TMJ) rusak broh !

Bagi temen2 yg mau pasang orto/behel, jika gigi impaksi ini gak dibuang maka perawatan orto bisa relaps (balik ke semula)

 

 

 

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di bedah mulut, GIGI dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke sekilas tentang gigi IMPAKSI :D

  1. Candra berkata:

    ijin tanya Dok.

    Saya telah menjalani operasi gigi impaksi, empat geraham molar3 diambil semua karena salah posisi tumbuhnya..
    Operasi dilaksanakan tanggal 6 desember 2014
    sebulan lebih, dua geraham atas dan geraham kanan bawah sudah mebaik dan lukanya menutup.

    Hanya luka bekas geraham kiri bawah yang sampai sebulan lebih belum menutup sempurna, dikarenakan gigi gerahamnya dulu memang sangat besar kalau dibandingkan dengan yang lain.
    Radang di luka tersebut juga masih terasa sakit dan tidak kempes-kempes.

    Selain itu, di beberapa bagian gigi saya seperti pada gigi taring kiri bawah dan beberapa gigi seri saya, terasa seperti terkikis. Dan saya merasakan linu sampai saat ini. Saya konsultasikan ke dokter dibilangnya itu mungkin karena mouth gag-nya. Saya ke dokter gigi lain disampaikan, ketika operasi mungkin pemakaian mouth gag-nya tidak menggunakan alas, sehingga ada kemungkinan mouth gag yang terlalu kencang mengikis gigi.

    Apa yang perlu saya lakukan dok, untuk bisa mengurangi rasa sakit dan rasa linu ini?

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s