AHLI GIGI v.s. DOKTER GIGI


di saat aku menulis judul itu pasti ada pro dan kontra . lama aku merenung untuk menulis judul di atas… , tapi aku yakin yang membaca blog ini adalah orang yang budiman hehehehe

banyak pasien yang datang ke praktek ku meminta untuk cabut gigi dan membuat gigi palsu nya ke “ahli gigi”.alasan mereka bahwa  “ahli gigi” itu orang yang ahli bikin gigi palsu sedangkan dokter gigi adalah orang yang mengobati sakit gigi serta urusan cabut mencabut… emangnya nyabut singkong :(  .

sejak diterbitkannya www.pdgi.or.id/news/detail/dengan-keputusan-mahkamah-konstitusi-tukang-gigi-tidak-mutlak-bebas-menjalankan-pekerjaannya   maka sudah sewajarnya masyarakat tau tentang pekerjaan yang boleh dilakukan tukang gigi.

semua dokter gigi khawatir tentang perawatan yang dilakukan oleh tukang gigi, dalam risiko infeksi dan hancurnya rongga mulut karena perawatan yang tidak sesuai dengan tindakan medis dan ilmu pengetahuan.

tapi …. apakah teman sejawat sudah melakukan update ilmu kedokteran gigi terbaru?

tapi… apakah teman sejawat sudah melakukan penyuluhan, pembinaan, perawatan, pengobatan dsb dll, dst ke masyarakat secara langsung?????????

tapi… apakah teman sejawat sjudah menjadikan pasien sebagai sahabat? bukan hanya obyek saja?

3 tapi di atas seharusnya juga direnungi para teman sejawat dokter gigi bila ingin masyarakat berobat dan merawat giginya ke dokter gigi

karena pada dasarnya pasien akan loyal ke dokter gigi jika: pasien tahu apa yang di deritanya, cara perawatannya dan gimana sih pencegahannya… pasien ingin dimanusiakan bukan jadi obyek.

itu saja sebenarnya kunci nya… jika hak pasien diberikan, maka akan ada perubahan perilaku pasien untuk memilih dokter gigi dibanding ahli gigi

sekian dan terima bakpau😀

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, hikmah, kesehatan masyarakat dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke AHLI GIGI v.s. DOKTER GIGI

  1. ari berkata:

    kan tidak semua tukang gigi seperti yang anda sebutkan, dan saya juga yakin tidak semua dokter gigi yang anda banggakan itu lebih baik🙂 Indonesia itu luas pak dan pribadi setiap orang nya itu berbeda2.
    Malahan didaerah saya dokter dan tukang gigi tidak terlalu repot masalah mana yg lebih baik, karna menurut mereka masyarakat sendiri yg menilai, kalo bagus ya bagus kalo tidak ya tidak.
    terima kasih😀

    • drgnyeleneh berkata:

      nah maka itu, tulisan ini supaya para dokter gigi untuk update ilmu. dan tukang gigi pun bekerja yang sesuai dgn yg diamanahkan UU. jangan salah lho mas Ari, disamping praktek saya itu tukang gigi lho. terimakasih komennya😀

  2. ari berkata:

    oke bang nice info, maaf ya bang kalo salah kata😀

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s