cabut gigi bikin buta ???


Banyak orang selalu bertanya, “dok, kalo cabut gigi atas bikin buta ya?” dan ini merupakan pertanyaan yang selalu saja keluar dari mulut pasien. dan selalu ku jawab,” wah berarti banyak orang buta ya di Indonesia!” hehehehehe. Selalu setelah itu suasana tegang yang menyelimuti hati pasien mendadak cair.

kemudian ku jelaskanlah runutan persyarafan yang mempersyarafi mata dan mulut secara gamblang bahwa tidak ada hubungannya antara syaraf mata dan gigi. hanya saja ….. jika ada pasien yang berbohong kalau giginya masih sakit dan memaksa dicabut maka kuman yang ada di gigi ada kemungkinan, inget ya … ada kemungkinan masuk dalam pembuluh darah kapiler dan menyumbat pembuluh darah ke mata sehingga pandangan akan menjadi kabur. bukan buta. hal seperti ini sangat jarang terjadi. tapi ada kemungkinan terjadi…

kejadian seperti ini bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik dosis tinggi.

hal inilah yang perlu diketahui oleh masyarakat bahwa mencabut gigi tidak boleh dalam keadaan gigi sakit ataupun gusi sedang bengkak yang berisi nanah/pus.

memang biasanya jika gigi dalam keadaan berdenyut pasien nafsu sekali bahkan memaksa dokter gigi untuk mencabutnya padahal itu merupakan pantangan. sedangkan jika sudah tidak sakit lagi biasanya pasien juga lupa untuk mencabutnya.

di era modern ini sebenarnya gigi yang sudah berlubang sampai terkena syarafnya bisa di tambal tetapi harus dirawat dulu menggunakan tehnik Endodontik, yaitu tehnik merawat saluran akar gigi dan mengisinya dengan bahan-bahan pengisi saluran akar. pengisian ini mencegah pencabutan gigi.

 

Cabut gigi = amputasi jari

artinya cacat permanen pada tubuh, karena tidak bisa tumbuh lagi. memang harganya sangatlah mahal karena pengerjaannya terbilang rumit dan harus steril. tapi sebanding dengan mempertahankan gigi yang merupakan pemberian Tuhan

ada hal yang perlu di sadari bahwa perawatan gigi itu sebenarnya sangatlah mudah. kita hanya perlu menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride 2x sehari. pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur.

kalau kata Nabi Muhammad…

jikalau bersiwak (menyikat gigi) ini tidak memberatkan umat ku, akan kuwajibkan bersiwak sebelum sholat …

sederhana dan justru yang sederhana itu sering disepelekan.latihlah anak2 kita dengan menyikat gigi bersama dan dicontohkan oleh orangtua. karena sifat anak adalah mencontoh.

lebih baik sakit hati dgn orang, bisa marah marah banting piring, nagis terus tidur. coba kalo sakit gigi… gak bisa tidur.

smoga tulisan singkat dan nyeleneh ini bisa sedikit membuka cakrawala pembaca semua …

salam sehat

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI, kesehatan masyarakat. Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s