Nasihat Ayah


11 tahun yang lalu….

“en (panggilan ku di rumah) sini duduk di depan !”, kt ayah ku.. datang memenuhi panggilannya ku duduk di teras rumah ” nih rokok, nih kopi, silahkan merokok” kt ayah.. “ya…” jwbku singkat tanpa berani memandang matanya yg tajam.

“dengarkan papah, kamu mau merantau ke Tanah sumatera besok.  hati2 lah” kt beliau…. jwbku,” ya pah…” “lihat tetangga kita dia pejabat umur 35, tidak merokok, selalu olahraga. makan2annya sehat, kaya raya, mobil 3” ktnya “aku umur 54, perokok jarang olahraga, anak lulus jadi dokter, dan Ir.”,lanjutnya “tapi lihat, dia kena stroke. aku tidak. kamu tau penyebabnya???” “ngga tau pah” jwbku dengan bingung menerka arah pembicaraannya.

“duit yg kuhasilkan dari keringatku sendiri, bukan korupsi, menjilat atau nyuri,,,, murni dari gajiku dari tetesan keringatku … sudah kupotong 2,5%hak orang lain lewat zakat. jadi yg kupakai merokok duit halal. kamu lihat tetangga kita itu ? anaknya masih kecil, tapi malu karena ketauan korupsi…! aku tak akan melarangmu merokok. karena aku merokok” lanjutnya, tapi… jangan kamu minum (mabuk), narkoba, main perempuan karena aku tidak melakukan …. dan jangan kamu panggil aku papah kalo kamu melakukan apa yg tidak kulakukan… ! tegas beliau

begini, 1 pegangan biar hidupmu tidak jadi budak duit tapi duit jadi budakmu ….

papah melemparkan koin 100 logam dan jatuh dilantai dgn bunyi yang keras… langsung secara reflek aku melihatnya detik itu juga papah bilang,” jika duit 100 itu bukan miikmu jangan sekali2 kamu melirik, krn dari melirik akan timbul nafsu mu utk memiliki… tapi kalau Rp 100 itu hak kamu… kejar, ambil sampai dapat dengan cara yg baik.. ingat harus sampai dapat”!!!

besoknya aku pamitan ke ayah mertuaku. sembari meminta doa dan restunya. beliau memang sudah banyak makan asam garam kehidupan. nasehat beliau sederhana sekali

Allah memberikan modal kepada semua manusia untuk bisa hidup selamat dunia akhirat. dan modal itu cuma 1 yaitu  J U J U R  ! dimanapun kamu berada jujurlah. tanpa jujur kamu gak akan di pakai siapapun…

jangan lihat saudaramu yang sudah naik haji dan bisa berdoa di tempat yg mustajab di Tanah suci. jangan khawatir… kalau kamu belum mampu ke Tanah suci ………

ada tempat mustajab selain Tanah suci yg akan di kabulkan doanya oleh ALLAH, yaitu doa IBUMU !!!  ingat ya nak, doa ibu itu mustajab

hampir 11 tahun beliau berbicara itu dan kini aku jauh dari ayah dan ibu ku sedangkan ayah mertua dan ibu mertua ku sudah meninggal… sampai detik ini masih ku ingat dan ku pegang nasehatnya. luar biasa hikmahnya… sederhana, mendalam, tidak menggurui… melekat erat dalam ingatan dan sanubari… ya Allah,, ampunilah dosa ayah ibuku (mertuaku) kasihanilah mereka sebagaimana mereka mencintaiku ketika masa kecilku Aminnnn

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di hikmah dan tag , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s