Kanker mulut: Siapa saja yang berisiko?


Dokter tidak selalu bisa menjelaskan mengapa ada orang yang mengidap kanker mulut dan yang lainnya tidak. Namun, kita tahu bahwa penyakit ini tidak menular. Anda tidak dapat “menangkap” kanker mulut dari orang lain.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan faktor risiko tertentu lebih mungkin daripada yang lain untuk mengembangkan kanker mulut. Sebuah faktor risiko adalah apa saja yang meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan penyakit.

Berikut ini adalah faktor risiko untuk kanker mulut:

Tembakau:. Rekening Penggunaan tembakau untuk kanker mulut yang paling Merokok rokok, cerutu, atau pipa, menggunakan mengunyah tembakau, dan tembakau mencelupkan semua terkait dengan kanker mulut. Penggunaan produk tembakau lainnya (seperti bidi dan rokok kretek) juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Perokok berat yang menggunakan tembakau untuk waktu yang lama adalah yang paling berisiko. Risiko ini bahkan lebih tinggi bagi pengguna tembakau yang minum alkohol berat. Bahkan, tiga dari empat kanker mulut terjadi pada orang yang menggunakan alkohol, tembakau, atau keduanya alkohol dan tembakau.
Alkohol: Orang yang minum alkohol lebih cenderung untuk mengembangkan kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak minum. Risiko meningkat dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi seseorang. Risiko meningkat bahkan lebih jika orang baik alkohol minuman dan menggunakan tembakau.
Sun: Kanker bibir dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Menggunakan lotion atau lip balm yang memiliki tabir surya dapat mengurangi risiko. Mengenakan topi dengan pinggiran juga dapat memblokir sinar matahari yang berbahaya. Risiko kanker bibir meningkat jika orang tersebut juga merokok.
Sebuah sejarah pribadi kanker kepala dan leher: Orang-orang yang memiliki kanker kepala dan leher berada pada peningkatan risiko lain kepala primer dan kanker leher. Merokok meningkatkan risiko ini.

Berhenti tembakau mengurangi risiko kanker mulut. Juga, berhenti mengurangi kemungkinan bahwa seseorang dengan kanker mulut akan mendapatkan kanker kedua di daerah kepala dan leher. Orang yang berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko kanker, paru-paru laring, mulut, pankreas, kandung kemih, dan kerongkongan . Ada banyak sumber daya untuk membantu orang berhenti merokok:

Informasi Kanker Layanan pada 1-800-4-CANCER dapat berbicara dengan penelepon tentang cara-cara untuk berhenti merokok dan tentang kelompok yang menawarkan membantu perokok yang ingin berhenti. Grup menawarkan konseling secara langsung atau melalui telepon.
Juga, dokter atau dokter gigi dapat membantu Anda menemukan sebuah program berhenti merokok lokal.
Dokter Anda dapat memberitahu Anda tentang obat-obatan ( bupropion ) atau sekitar nikotin terapi pengganti, yang datang sebagai permen karet, patch, belah ketupat, semprot hidung, atau inhaler.
The “National Cancer Institute Sumber Informasi” bagian memiliki informasi tentang penghentian Web situs Pemerintah Federal merokok, http://www.smokefree.gov .

Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak makan cukup buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker mulut. Para ilmuwan juga sedang mempelajari apakah infeksi dengan virus tertentu (seperti human papillomavirus ) yang terkait dengan kanker mulut.

Jika Anda berpikir Anda mungkin menghadapi risiko, Anda harus mendiskusikan masalah ini dengan dokter atau dokter gigi. Anda mungkin ingin bertanya tentang suatu jadwal yang tepat untuk pemeriksaan. Tim perawatan kesehatan Anda mungkin akan memberitahu Anda bahwa tidak menggunakan tembakau dan membatasi penggunaan alkohol adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker mulut. Juga, jika Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya dan memakai topi dengan pinggiran yang akan membantu melindungi bibir Anda.

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di keganasan rongga mulut dan tag . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s