Memahami Kanker


Kanker dimulai di sel, blok bangunan yang membentuk jaringan. Jaringan-jaringan menyusun organ-organ tubuh.

Biasanya, sel-sel tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru ketika tubuh membutuhkan mereka. Ketika sel menjadi tua, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.

Terkadang proses yang teratur beres. Sel-sel baru ini terbentuk meski tubuh tidak membutuhkannya, dan sel-sel lama tidak mati seperti seharusnya. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk suatu massa dari jaringan yang disebut pertumbuhan atau tumor.

Tumor bisa jinak atau ganas :

Tumor-tumor jinak adalah bukan kanker:
Tumor jinak jarang mengancam jiwa.
Umumnya, tumor jinak dapat diangkat, dan mereka biasanya tidak tumbuh kembali.
Sel dari tumor jinak tidak menyerang jaringan di sekitar mereka.
Sel dari tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.
Tumor-tumor ganas adalah kanker:
Tumor-tumor ganas umumnya lebih serius daripada tumor jinak. Mereka mungkin mengancam nyawa.
Tumor-tumor ganas seringkali dapat diangkat, tetapi kadang-kadang mereka tumbuh kembali.
Sel dari tumor ganas dapat menyerang dan merusak jaringan dan organ di dekatnya.
Sel dari tumor ganas dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Sel-sel menyebar dengan memecah dari kanker asli ( tumor primer ) dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Mereka menyerang organ lain, membentuk tumor baru dan merusak organ-organ ini. Penyebaran dari kanker disebut metastasis .

Oral Kanker

Kanker mulut merupakan bagian dari kelompok kanker yang disebut kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Hampir semua kanker mulut dimulai pada sel datar ( sel skuamosa ) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Kanker ini disebut karsinoma sel skuamosa.

Ketika kanker menyebar oral (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik . Kanker sel yang memasuki sistem limfatik yang terbawa oleh getah bening , suatu cairan, yang jelas berair. Sel-sel kanker sering muncul pertama kali dalam kelenjar getah bening di leher.

Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh. Ketika ini terjadi, tumor baru mempunyai jenis yang sama dari sel-sel abnormal sebagai tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya sel kanker mulut. Penyakit ini metastasis kanker mulut, kanker paru-paru tidak. Hal ini diperlakukan sebagai kanker mulut, bukan kanker paru-paru . Dokter kadang-kadang menyebut tumor baru “jauh” atau penyakit metastasis.

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di keganasan rongga mulut. Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s