Renang


Berenang 150m gaya bebas dan 150m gaya dada sungguh merupakan olahraga yg menguras energi. Seluruh anggota tubuh bergerak. Kepala, kaki, tangan, tulang punggung, leher, semua bergerak.

Mengambil nafas, tahan nafas. Mendayung , menyepak. Meregangkan otot, meluruskan tulang punggung.

Renang itu olahraga unik. Satu satunya di dunia olahraga yg sangat melelahkan tapi gak keringetan. Dari semua olahraga yg ada aku sangat menyukai renang. Makanya kulitku IMUT alias item mutlak. Hehehehehe.

Awalnya senang renang gara2 waktu kecil sering bengek, alias asma. Sama dokter anak waku itu aku disarankan utk berenang. Pas sekali dgn kerja bapak di daerah pelabuhan.

Prg yg ngajarin berenang adlh bapak. Ia ajarkan aku bkn di kolam renang. Tapi langsung di laut. Alhamdulillah sejak aku berenang tidak pernah kumat lagi asma ku sampai sekarang.

Seelah jd drg nyeleneh, aku baru tau kalu rata rata drg itu mempunyai sakit pada tulang belakang atau low back pain.. sakit itu akibat posisi kerja yg tidak ergonomis.

Artinya posisi mengerjakan/merawat pasien tidak pas sesuai kondisi jormal drg. Akibatnya ya itu tadi tulang punggung dipaksa kerja berlebih sehingga rasa sakitnya luar biasa.

Aku pun mengalami hal ituĀ  T^T sakitnya dahsyad mennn… aku le dokter ortopedi. Ke dokter syaraf. Intinya disuruh fisioterapi dan kinum obat. Pain killer bhs gaulnya.

Tapi penyakit ini bolak balik dateng jadi aku agak kuciwa, krn minum obat terus tanpa ada penyelesaian yg tuntas.

Gak lama aku di bbm ama adik sepupu yg dokter umum. Dia bilang,”mas, kamu berenang deh seminggu sekali itu bilin sehat tulang punggungmu dan kalo tidur kamu miring ke kanan”

Okeh ku coba saran adikku itu, simsalabim abrakadaberah… alhamdulillah hilang bo setelah 2 minggu ngejalanin.

Rupanya tidur miring ke kanan itu posisi alami tulang belakang utk rileks. Dan renang untuk merelaksasi ootnya… alhamdulillah… bagi pembaca yg budiman silahkan deh coba mempraktekannya. Ngga mahal kok tapi manjur.

Smoga pengalaman ini berguna buat pembaca skalian… oya air kolam renangnya jangan diminum ya. Selain banyak kaporit, anak anak banyak yg kencing di kolam….šŸ˜›

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s