GIGI BERLUBANG DAN KECERDASAN ANAK


Saat gigi anak tumbuh kadang ortu gak sadar. Ortu kurang menyadari kebersihan mulut dan gigi anak, terutama setelah makan. Kalau gigi si anak sudah berlubang dan menimbulkan rasa sakit hal ini akan mengurangi nafsu makan anak. Kurangnya nafsu makan anak dikeluhkan ortu denganmengatakan,”sudah saya kasih vitamin penambah nafsu makan tetep gak mau makan dok”.

Jika keadaan itu terus berlanjut akan mengganggu asupan gizi si buah hati. Perlahan tapi pasti sang anak akan kekurangan nutrisi yang membantu perkembangan kecerdasannya.
Kerusakan gigi sering dialami oleh anak-anak. Fakta yang ada, lebih dari 25 juta anak-anak dan 80% remaja menderita gangguan gigi. Proses kerusakan gigi membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak disadari.

Hal ini terkait dgn rendahnya kepedulian ortu terhadap tumbuh kembang anak terutama gigi geliginya. Anak dengan gigi yang bermasalah, akan membuatnya susah untuk mengunyah. Sehingga, si anak cenderung malas makan atau memilih makanan yang kurang bergizi yang memperparah kondisi gigi tersebut.

Tips untuk mengatasi gigi berlubang :

SIKAT GIGI DENGAN PASTA GIGI BERFLUORIDE 2 X SEHARI, PAGI SESUDAH MAKAN DAN MALAM SEBELUM TIDUR. DILAKUKAN BERSAMA ANTARA ORTU DAN ANAK. KARENA ANAK LEBIH CENDERUNG MENIRU DARIPADA DIPERINTAH

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s