BAU MULUT / BAU NAGA / HALITOSIS


Suatu ketika ada pameran otomotif di Jakarta. ada seorang SPG yang bodinya uhuyyy aduhai, wajahnya mulus cantik, kulitnya beningggg tapi sangat disayangkan begitu berbicara “wanginya” dahsyat men… pikirku ni cewek abis makan naga kaleee…
Di atas adalah sebuah ilustrasi…

bau naga ehh bau mulut atau bahasa kerennya halitosis dapat menimbulkan rasa minder, gangguan sosial dan hambatan psikologis, celakanya lagi dapat mempengaruhi pekerjaan dan PERNIKAHAN (JOMBLO you must read this).

nahh karena itu, postingan aye kali ni bakal bahas tentang bau mulut. biar ncang, ncing, nyak, babe bisa waspade.

<

PENYEBAB HALITOSIS
1. bakteri yang mati dalam rongga mulut mengahasilkan SULFUR sehingga napas jadi dahsyadd
2. bakteri plak dan sisa makanan akan berkumpul pada permukaan lidah yang kasar
3. akumulasi plak yang menempel pada gigi
4. orang yang mempunyai kelainan periodontal (gusi, tulang dll)
5. gigi yang berlubang, sisa akar gigi dan karang gigi (calculus)

PENYEBAB lain HALITOSIS
1. infeksi terutama sinus dan pernafasan
2. Diabetes militus/kencing manis (nafas bau ACETON… seperti bau cairan penghilang kutex)
3. gangguan ginjal (bau ikan)
4. kelainan Hati
5. berpuasa (produk sisa metabolisme)
6. makanan seperti pete, jengkol dll

solusi :
jika bau mulut tak hilang setelah mulut dibersiin, segera aja deh kunjungi dokter gigi untuk cari penyebab. kalo penyebabnya dari mulut akan ditangani satu persatu sehingga penyebab hilang. jika karena penyebab yg berhubungan dengan penyakit lain tentunya akan dirujuk ke dokter internis.

demikian postingan kali ini moga bermanfaat… selamat memeriksa gigi

Sila baca juga link terkait halitosis :

1. Abses periapikalis
2. Rampan karies
3. Gusi berdarah pada perempuan
4. Menyikat gigi

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di GIGI dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke BAU MULUT / BAU NAGA / HALITOSIS

  1. Ping balik: gigi goyang dan gusi berdarah (periodontitis) | Nyeleneh

  2. kamal berkata:

    nganu mas.. kalau cantik, tapi bau jigong itu gak enak banget.. ni ud biasa2 aj, bau naga+jigong itu bagusnya diapain?

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s