KEWASPADAAN UNIVERSAL


kewaspadaan universal atau bhs kerennya universal precaution sangat terngiang2 di kuping dan otak setiap bertemu orang. bukannya curiga sih cuma ya … berjaga2 kan perlu.

ada sebagian tenaga medis dan paramedis yg bekerja sepenuh hati tapi tak mengindahkan kewaspadaan universal. sehingga pasien sembuh operator sakit.

ilmu kedokteran sangatlah maju tapi penyakit juga bermutasi dan muncul yg baru. hal ini menyebabkan kita seperti lilin yg menerangi sekitartapi membakar diri sendi. Dari beberapa puskesmas yg saya kunjungi hanya ada 2 yg memiliki safety box utk suntikan habis pakai dan  sangat jarang saat sy turun ke lapangan menemukan sterilisasi alat menggunakan kimia (byclin) sbagai standar sterilisasi.

keadaan tempat menyimpan alat yg berdebu dan kotor serta ada yg masih ada bercak darah pada alat medis. sungguh memprihatinkan sekali.

padahal dulu ketika disumpah menjadi dokter ada kata2 sbb… saya akan memperlakukan pasien saya sebagaimana saya ingin diperlakukan…

jaman skarang semua itu jadi tak berarti lagi.

yang dikhawatirkan dari hal tersebut di atas bukan hanya untuk keselamatan pasien saja tetapi juga bagi operator sendiri. apalah artinya menolong orang jikalau diri sendiri masuk jurang…

pasien sembuh dari penyakit yang dideritanya tetapi kemudian sakit akibat keteledoran dokter atau perawat. bagaimana hal itu tidak membuat runyam?

skali lagi saya menganjurkan, mengajak rekan-rekan sesama petugas kesehatan untuk memperhatikan hal yang penting dan dianggap sepele sebagai suatu yang vital.

sterilisasi tidak hanya menggunakan autoclave saja tetapi dengan cara yg sederhana dan mudah di dapat yaitu sterilisasi kimia.

demikianlah universal precaution yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kawan semua

 

Tentang drgnyeleneh

nyeleneh dianggap aneh justru karena tetap di jalur. seorang dokter gigi. peminat kesehatan gigi berbasis masyarakat dan kesehatan masyarakat lainnya. :)
Pos ini dipublikasikan di K3 dan tag , . Tandai permalink.

tempat komen diisi ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s