Gigi berlubang dicabut???


Kemaren ada pasien yg konsul via WA. Ia pengen giginya dicabut krn tambalannya yg lama jelek

Nahhhh barusan dia dateng naik sepeda motor dari Pekanbaru ke kampung tempat gue praktik.

Perjalanannya lumayan lho 72 km dalam waktu 1,5 jam

Gue nyaranin kagak usah dicabut. Berhubung setelah dicek ternyata sisa giginya masih kuat dan tidak ada kelainan lain, maka gue nyaranin dilakukan PIN CROWN.

PIN CROWN
PIN = PASAK
CROWN = MAHKOTA

Yhaaa pertama2 gue lakuin adalah melakukan perawatan saluran akar.

Jadi gini…
Perawatan saluran akar (PSA) itu adalah mengeluarkan syaraf dan pembuluh darah gigi (PULPA) yg sudah terinfeksi kuman. Kenapa dikeluarin?

Karena letaknya paling dalam sudah gak steril lagi shg tpt kumpulnya kuman

Setelah dikeluarkan maka ruangan yg kosong itu disterilkan. Tentunya dng bahan2 khusus kedokteran gigi.

Setelah proses tsb saluran akar dikeringkan dng paper point. Sejenis kapas/kertas tetapi berbentuk seperti jarum utk mengeringkan saluran akar

Setelah kering maka 1/4 saluran akar diisi dng bahan pengisi namanya gutta percha sampai padat. Harus tanpa celah agar kuman gak idup lagi

Kemudian setelah itu PIN / PASAK yg terbuat dari logam ditanamkan ke dalam saluran akar.

Lalu gigi mulai dibentuk sampai sempurna seperti sediakala sesuai anatominya

Ini hasilnya. Mohon maaf motonya cuma pake hape. Itu juga pasiennya sendiri yg moto 不不不.

Intinya gigi rusak kagak musti dicabut. Banyak cara untuk mempertahankan gigi selama mungkin dalam rongga mulut

Beli buku gue. Lengkap nih di mari

Iklan
Dipublikasi di Buku, endodontik, gigi, karies, periodontia, tren gigi, Uncategorized | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

Deteksi karies gigi


Mumpung hari sabtu. Mau ngetwit ttg #deteksikariesgigi di rumah
Secara sederhana ingat yhaaa sederhana bukan secara keilmuan dokter gigi. Jadi yg merasa dirinya drg atau mahasiswa atau koas jangan ngegas twit ini 不不不
Oke secara sederhana gigi berlubang itu ada tanda2nya tetapi sering diabaikan oleh manusia. Kenapa diabaikan? Krn manusia itu mahluk yg cepet beradaptasi
Jika gigi rahang kanan sakit maka secara otomatis manusia akan ngunyak pake gigi di rahang kiri
Baru akan mengeluh jika gigi geraham kiri dan rahang kanan sudah sakit semua dan itu memerlukan proses tahunan sampai gigi menjadi sakit semua.
Oke sekarang bagaimana caranya kita #deteksikariesgigi di rumah?
1. Ada titik titik hitam atau garis hitam di permukaan kunyah dari Gigi tanpa rasa sakit atau ngilu saat minum dingin. Tipe ini adalah karies superfisialis alias karies pada Email
Ada titik titik hitam atau garis hitam di permukaan kunyah dari Gigi tanpa rasa sakit atau ngilu saat minum dingin. Tipe ini adalah karies superfisialis alias karies pada Email
Padat karya superfisialis seseorang tidak akan merasakan ngilu ataupun sakit saat proses mengunyah makan dan minum sehingga sering diabaikan
2. Pada saat makan dan minum terutama dingin, gigi terasa ngilu yang hebat Tetapi setelah minum dingin itu dihentikan gigi tidak terasa ngilu ataupun sakit lagi
Pada saat makan dan minum terutama dingin, gigi terasa ngilu yang hebat Tetapi setelah minum dingin itu dihentikan gigi tidak terasa ngilu ataupun sakit lagi
Karies jenis ini dinamakan karies media atau karies pada lapisan kedua gigi yang disebut dentin. Bentuk dentin secara mikroskopis seperti kue bika ambon atau spon pencuci piring. Berpori! Rangsangan dingin pada dentin akan menyebabkan rasa ngilu sering disebut gigi sensitif
3. Karies profunda atau karies yang sudah mengenai pulpa. Pulpa adalah sebuah ruangan yang berisi pembuluh darah dan saraf gigi. Saat karies sudah mengenai pulpa maka cirinya adalah…
… rasa sakit hebat baik ada rangsang dingin maupun tidak ada rangsangan. Contohnya seperti saat nonton tiba-tiba gigi berdenyut hebat atau saat makan nasi masuk ke dalam lubang gigi dan berdenyut hebat walaupun nasi sudah dikeluarkan dari Gigi.
Rasa sakitnya spontan tanpa jeda berdenyut hebat kadang sampai meneteskan air mata tanpa disadari oleh seseorang.
Untuk itu diperlukan pemeriksaan berkala 6 bulan sekali tentunya ke dokter gigi.
Untuk karies yang nomor 1 dan 2 giginya bisa langsung ditambal tetap karena pulpa belum terinfeksi kuman.

Khusus yang nomor 3 perlu dilakukan perawatan saluran akar atau endodontik sebelum ditambal tetap

Jika kasus nomor 3 langsung ditambah tetap akan menyebabkan terjadinya bengkak karena kuman yang ada di dalam saraf gigi akan dihancurkan oleh sel darah putih.
semoga tips #deteksikariesgigi ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Merawat gigi itu mudah Yang susah itu merawat cinta dan kasih sayang
Dipublikasi di abses, Buku, endodontik, gigi, karies, kebiasaan buruk, tambalan, TUMBUH GIGI, Uncategorized | Tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Masalah yang terjadi pada gigi geraham bungsu yang tumbuh miring


Alkisah Pada suatu hari dengan salah satu selebtwit ternama. Namanya saya samarkan atas permintaan beliau untuk menjaga Marwah dan pencitraannya. Uwuwuwuwuwuwu.

Beliau merasakan sakit hebat pada rahang sebelah kiri sehingga untuk ngetik saja susah… lah Apa hubungannya?

Setelah di daerah Messenger atau DM Iya mengirimkan hasil foto rontgen nya. Terlihat gigi geraham bungsu atau molar ketiga sebelah kiri itu menyundul gigi geraham kedua atau molar 2 sehingga menjadi berlubang.

Lubang pada gigi geraham kedua bukan akibat sundulan sebenarnya tetapi karena gigi geraham itu sulit dijangkau oleh sikat gigi maka tinggi menjadi berlubang.

Geraham bungsu yang tumbuh miring akan terus mendorong gigi depannya sehingga makanan mudah nyelip dan terjadilah proses karies gigi. Karena lama dilakukan pencabutan gigi geraham bungsu atau bahasa kerennya odontektomi maka gigi molar kedua menjadi berlubang dan mengenai pulpa.

Pulpa adalah suatu ruangan yang berisi pembuluh darah dan saraf karena letaknya paling dalam maka isi dari pulpa steril. Begitu terjadi karies yang mengenai pulpa maka saraf tersebut sudah tidak steril alias bercampur dengan kuman.

Karena posisi gigi geraham bungsu itu menutup gigi geraham kedua sehingga kuman tersebut tidak bisa keluar dan sisa makanan nyelip masuk kedalam lubang dari gigi geraham kedua.

Si kuman yang tidak bisa keluar menghasilkan toksin atau racun nah racun tersebut menuju ke akar gigi sehingga si tubuh melakukan reaksi perlawanan karena ada benda asing atau toksin.

Terjadilah peradangan karena tubuh mengeluarkan sel darah putih sehingga rasa sakit yang hebat dan kuat menjalar dari rahang sebelah kiri sampai ke kepala sebelah kiri dan pundak sebelah kiri.

Rasa sakit tersebut bernama pulpitis akut. Solusinya adalah mencabut gigi geraham bungsu yang tumbuh miring sekaligus kiri dan kanan karena yang kanan pun suatu saat akan menjadi masalah.

Khusus untuk gigi yang kiri karena sudah kena saraf giginya akan dilakukan perawatan saluran akar atau endodontik. Ya itu bisa dicari di dalam blog ini tentang endodontik ayo jangan males.

jika pencabutan gigi geraham bungsu tidak dilakukan maka akan ada kemungkinan Penyakit ini berulang di bulan berikutnya. Risiko lain adalah terjadinya trismus yaitu kekakuan otot rahang sehingga mulut tidak bisa dibuka akibat dari infeksi gigi geraham kedua yang karies didorong oleh gigi geraham bungsu.

Selebtwit itu akhirnya merencanakan pencabutan gigi dengan berat hati karena beliau takut disuntik hahahahaha.

Sekian Selamat pagi selamat beraktifitas

Dipublikasi di bedah mulut, endodontik, gigi, impaksi, karies, TUMBUH GIGI, Uncategorized | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

Gigi anak usia 6 – 12 tahun


Usia 6 tahun adalah masa gigi campur antara gigi susu dan gigi tetap

Gigi tetap pertama yang tumbuh adalah gigi GERAHAM bukan gigi seri

Gigi ini tumbuh di bagian belakang dari gigi susu atau kalau dihitung dari gigi seri adalah gigi ke 6. Ukurannya lebih besar dari gigi susu dan warnanya putih kekuningan.

Karena strukturnya belum kuat maka gigi geraham ini sering berlubang terutama jika anak malas atau lupa menyikat gigi malam sebelum tidur.

Pada periode gigi campur gigi gigi susu akan goyang dan tanggal Hal ini karena akarnya ke resepsi secara bertahap karena disundul oleh gigi tetap nya.

Pada usia 12 tahun Gigi Susu terakhir tanggal yaitu gigi taring pada usia ini anak sudah memiliki 28 gigi tetap. Geraham bungsu atau molar ketiga akan tumbuh antara usia 18 sampai 25 tahun atau lebih.

Apa yang dilakukan ayah bunda?

Selalu menerapkan kebiasaan menyikat gigi pagi sesudah sarapan dan malam sebelum bobo tepat pada waktunya Karena periode gigi campur sangatlah rentan berlubang. Gunakan pasta gigi yang tepat dan cara yang tepat kepada anak

Cara menyikat gigi dan jumlah yang tepat ada di dalam blog ini silakan mencari dan merapikannya semoga berguna

Dipublikasi di abses, Buku, gigi, gigi anak, karies, kebiasaan buruk, periodontia, tambalan, TUMBUH GIGI, Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Gigi anak usia 3 – 6 tahun


Pada usia 3 tahun gigi susu anak sudah lengkap meskipun nantinya akan tanggal, Gigi Susu penting untuk dijaga karena:

Gigi Susu memiliki peran penting untuk mengunyah makanan serta fungsi bicara

Jangan salah lho Ayah Bunda bahwa gigi susu itu adalah guide atau penunjuk jalan dari Gigi tetapnya nanti jika sudah rusak terjadi pembusukan kemungkinan besar gigi tetap nya nanti tumbuh tidak beraturan bisa ke dalam bisa keluar gingsul dan lain sebagainya

Perkembangan wajah dan otot rahang itu juga dipengaruhi oleh gigi susu

Kerusakan pada gigi susu dapat menyebabkan rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas anak waktu tidur istirahat dan makan jika anak tidak mau makan maka asupan gizi nya akan berkurang sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuhnya

Jadi apa yang harus dilakukan?

Ajari dan Contohkan anak menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sangat dianjurkan untuk mencontohkan bukan menyuruh atau memerintah, jika ayah bunda menyuruh atau memerintah maka sering kali mendapat penolakan dari sang anak

Demikian semoga berguna bagi Ayah Bunda yang memiliki balita usia 3 sampai 6 tahun

Dipublikasi di abses, gigi, gigi anak, karies, kebiasaan buruk, tambalan, TUMBUH GIGI, Uncategorized | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

Gigi anak usia 0 – 3 tahun


Apa yang terjadi di dalam mulut anak 0 sampai 3 tahun

Gigi pertama bayi muncul antara bulan ke-5 dan ke-8. Gigi Susu akan terus tumbuh Sampai usia anak sekitar 3 tahun dan total seluruh gigi rahang atas dan bawah adalah 20 gigi.

Bagaimana merawat gigi anak usia 0 sampai 3 tahun

Ayah Bunda harus mulai membersihkan gusi bayi ayah bunda dengan cara membersihkan sisa makanan dan bakteri. Dengan cara mengelap gusi bayi dengan kain lembut atau kain kasa dan air hangat. Lebih diutamakan pada saat malam sebelum tidur.

Jika balita anda sudah memiliki gigi maka contohkanlah balita Anda menyikat gigi s sehingga hal ini menjadi kebiasaan balita menyikat gigi pada pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.

Hindari kebiasaan memberi minum jus atau susu dalam botol pada anak ketika tidur Hal ini dapat menyebabkan terjadinya lubang pada gigi atau yang sering disebut dengan RAMPAN KARIES alias Gigis giginya hitam semua

Demikian tulisan singkat tentang merawat gigi pada anak berusia 0 sampai 3 tahun Semoga bermanfaat bagi Ayah Bunda dalam menjaga dan merawat gigi anak-anaknya.

Dipublikasi di abses, gigi, gigi anak, karies, kebiasaan buruk, tambalan, Uncategorized | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

KOMUNIKASI PASIEN GIGI ANAK


Sebagai dokter gigi yg hobi nonton pelem hollywood, gue mau berbagi ttg manfaat pelem2 tersebut.

Aktor2 di film2 tsb sering berhadapan dng anak2 kecil yg ketakutan, entah krn perang, trauma, cetan dll. Cara aktor dewasa menghadapi anak2 yg terpapar trauma sungguh menginspirasi gw saat berhadapan dng pasien anak yg bermasalah ttg giginyaPerhatikan deh. Saat aktor itu menghadapi aktor anak, mereka selalu berlutut bukan menunduk.

Aktor dewasa berusaha selalu sejajar atau sama tinggi dng aktor anak dan berhadapan langsung tanpa melakukan aktifitas lais seperti maen hapeAktor dewasa berupaya melahirkan kepercayaan sang aktor anak dng memposisikan dirinya bukan sebagai org dewasa tapi sebagai anak2Gw udah ngelakuin ini sejak lama sih.

pasien anak yg sudah trauma dng drg, cerita ortunya maupun kawan2nya ttg drg akan membuat mereka berasumsi bahwa drg = sakit. Yg kek gini bikin repot sodara2Memposisikan diri di depan pasien anak dng berlutut akan membuat mereka nyaman.

Anak2 tidak merasa diintimidasi krn sejajar. Beda jika drg berdiri atau menunduk. Seakan2 mereka ditekan shg rasa takut akan menjadi2Suara juga dilembutkan dan menghindari kata “sakit & cabut”

Intinya saat menghadapi pasien anak terutama yg trauma dng seluruh hal yg berhubungan dng drg maka gw ngerayunya dng memposisikan sejajar dng anak.

Hal kek gini jauh lebih efektif krn…… anak akan menganggap bahwa gw adalah temannya yg mau bantu dia.

Hehehehehe ternyata betul lah bahwa…

Semua Tempat adalah sekolah, semua orang adalah guru & semua Hal adalah ilmu.

Silakan mencoba dan beli buku TUBUH SEHAT, GIGINYA?

Dipublikasi di Buku, gigi, gigi anak, kebiasaan buruk, keganasan rongga mulut, komunikasi, periodontia, tren gigi, Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar